Headline

Presiden Jokowi Minta Perwira Remaja Lindungi Pancasila Dari Gempuran Ideologi Luar

Para perwira remaja TNI dan Polri meluapkan kegembiraannya usai dilantik Presiden Jokowi, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (16/7...

Kemarau Panjang, Kekeringan Dirasakan Warga Desa Ciruyung


CILACAP (wartamerdeka.info) - Kemarau panjang yang sudah berlangsung lebih dari empat bulan banyak berdampak kepada masyarakat di Cilacap. Salah satu dampaknya juga dirasakan warga desa Ciruyung kecamatan Karangpucung.

Disampaikan Ruswanto kepala desa Ciruyung pada saat pendampingan pekerjaan infrastruktur dana desa, dampak terparah terjadi dua bulan terakhir. "Efek kekeringan yang paling dirasakan terjadi di dukuh Kadu dusun Pengasinan dan Cilimus," ujarnya, Senin (1/7/2019).

Banyak sumber air dari sumur galian warga yang terbiasa untuk MCK sekarang kering. Terpaksa mereka mengambil kebutuhan air dari tempat lain yang jarangknya lebih jauh.

Selain itu banyak sawah yang gagal panen. "Dari sekitar 75 hektare area persawahan yang ada di desa Ciruyung, hampir 60 persen yang mengalami gagal panen," jelas Ruswanto.

Area terluas, lanjutnya, adalah persawahan di dusun Cilimus dan dusun Liunggunung. "Sedangkan ketersediaan untuk konsumsi air minum sampai saat ini masih cukup meski dirasakan sudah menipis. Karena terbantu oleh masyarakat yang terbiasa membeli air munum kemasan galon," sambungnya.

Ruswanto berharap kedepannya pihak pemerintah daerah akan lebih memperhatikan hal ini. "Kami berharap halmseperti ini dapat diantisipasi dengan bantuan sarpras air bersih dari pemda," pungkasnya.(gus)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemarau Panjang, Kekeringan Dirasakan Warga Desa Ciruyung"

Posting Komentar