Danrem 071/Wijayakusuma Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda


BANYUMAS (wartamerdeka.info)  - Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kavaleri Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019, Senin (28/10/2019) di Lapangan Upacara Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

Dalam sejarah perjuangan bangsa, Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang berhasil menyatukan tekad dan semangat seluruh komponen bangsa untuk melakukan perlawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme, yang pada akhirnya berhasil mewujudkan suatu negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Nilai-nilai luhur yang diikrarkan para pemuda Indonesia pada peristiwa bersejarah Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 adalah nilai-nilai kebangsaan dan sumpah setia, Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa, Indonesia. Serta semangat kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan.

Pada upacara tersebut juga dibacakan putusan Konggres Pemuda-Pemuda Indonesia tahun 1928, yang antara lain berisi kerapatan pemuda-pemuda Indonesia yang diadakan perkumpulan-perkumpulan pemuda Indonesia yang berdasarkan kebangsaan, dengan nama Yong Java, Yong Sumatera, Pemuda Indonesia, Yong Islamieten Bond, Yong Bataks Bond, Yong Celebes, Pemuda Kaum Betawi dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia. Dalam kerapatan tersebut, pemuda-pemuda Indonesia memutuskan bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia; berbangsa yang satu, bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Menteri Pemuda Olah Raga, Zainudin Amali dalam amanatnta yang dibacakan Danrem 071/Wijayakusuma, bahwa Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019  ini mengambil tema "Bersatu Kita Maju". Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang teiah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Dikatakan, pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

"Bersatu Kita Maju, sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia", terangnya.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 Korem 071/Wijayakusuma diikuti dan dihadiri Kasrem 071/Wijayakusuma, para Kasirem 071/Wijayakusuma, para Dan/Ka Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wijayakusuma, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Makorem 071/Wijayakusuma dan Balak Aju Kodam IV/Diponegoro jajaran Korem 071/Wijayakusuma. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama