Antisipasi Bencana Alam, Polres Lebak Gelar Kegiatan Penanaman Pohon


LEBAK (wartamerdeka.info) - Bencana alam dan banjir yang terjadi di wilayah Indonesia di awal tahun 2020 menyisakan duka mendalam.Tercatat, banjir terjadi di Jakarta, Bogor, Depok, Tengerang dan Bekasi. Sementara di Banten, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat dan Nusa Tenggara Timur terjadi tanah longsor dan sebagian daerah mengalami banjir bandang.

Kapolres Lebak Polda Banten AKBP Firman Andreanto menyampaikan, hingga 9 Januari 2020 dampak dari bencana banjir bandang di lebak, menyebabkan 9 orang korban meninggal dunia, dan 1 orang korban masih dinyatakan hilang, dan seribuan warga masih mengungsi di 12 titik pengungsian yang aman dan sudah di bantu logisitik.


Polres Lebak, ujar Firman, akan terus meningkatkan kewaspadaan bencana yang diprediksi masih terjadi mengingat musim hujan akan terjadi hingga Februari 2020 mendatang. Beberapa hal kesiapsiagaannya yaitu, mempersiapkan personil siaga bencana alam baik di tingkat Polres  maupun di tingkat polsek. Selain itu juga menyediakan sarana perahu karet, rakit buatan dan personil kesehatan lapangan melalui bidang kesehatan urdokes Polres Lebak.

Adapun dugaan sementara penyebab bencana banjir dan longsor itu karena hutan gundul dan lahan tidur yang tidak produktif.

“Sebab itulah Kapolri di awal Tahun 2020, memformulakan program Polri Peduli Lingkungan yang juga sejalan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Sejuta Pohon Sedunia.

"Tujuan dari penanaman ini untuk melestarikan, untuk menghijaukan kembali tanah kita, sebagai penyangga dari tanaman untuk menghindari bencana banjir dan tanah longsor" ," kata AKBP Firman Andreanto dalam keteranganya, Jumat (10/01/2020).

 "Kami jajaran Polres Lebak Polda Banten bersama Bhayangkari Cabang Lebak melaksanakan penanaman pohon sebanyak 150 batang yang terdiri Pohon Mahoni 50 batang, Rambutan 30 batang, Mangga 30 batang, Jambu Jamaika 30 batang, pohon pala 10 batang"tutupnya. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama