Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting


 

Menlu Retno Marsudi: KTT ASEAN Deklarasikan Tujuh Kesepakatan Penanganan Covid-19

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Presiden Joko Widodo mengikuti KTT ASEAN Khusus Tentang Covid-19 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa pagi, 14 April 2020.

KTT ASEAN Khusus tentang Covid-19 diselenggarakan di bawah keketuaan Viet Nam selaku Ketua ASEAN tahun 2020.

Adapun Perdana Menteri Viet Nam Nguyen Xuân Phúc bertindak sebagai chairman dalam KTT ini.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT tersebut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

“Presiden RI telah mengikuti KTT khusus ASEAN mengenai Covid-19 secara virtual di keketuaan Vietnam sebagai ketua ASEAN saat ini. Penyelenggaraan KTT khusus ini salah satunya karena usulan Indonesia,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam pernyataan pers yang disampaikan secara live streaming, Selasa (14/4/2020).

Retno mengatakan pertemuan itu diawali dengan paparan data dari Menlu Vietnam Pham Binh Minh tentang jumlah kasus Covid-19 di 10 negara ASEAN. Sampai 13 April 2020, jumlah kasus terkonfirmasi atau positif Covid-19 di ASEAN tercatat 19.997, di antaranya 884 orang telah meninggal dunia.

Retno menyebut menlu Vietnam juga menambahkan sejumlah penyesuaian yang harus dilakukan karena Covid-19. Di antaranya, 235 kegiatan pertemuan ASEAN terpaksa ditunda, dimodifikasi, bahkan dibatalkan.

“Menlu Vietnam juga menyampaikan kepada para pemimpin ASEAN bahwa economic growth (pertumbuhan ekonomi) yang semula diproyeksikan 4,7 persen maka harus disesuaikan menjadi 1 persen,” kata Retno.

Menurut Retno, hampir semua pemimpin ASEAN dalam KTT menyoroti dua hal besar. Pertama, upaya bersama untuk memerangi Covid-19 dan kedua, kerja sama untuk mengatasi dampak Covid-19 di bidang sosial dan ekonomi.

“Dalam pertemuan tadi para pemimpin ASEAN meneguhkan prinsip dan spirit (semangat) kekeluargaan dan kerja sama ASEAN dalam memberantas Covid-19,” ujarnya.

KTT Khusus atau Istimewa ASEAN akan dilanjutkan dengan KTT Khusus ASEAN Plus Three (APT) pada pukul 14.00-16.00 WIB, hari ini. KTT APT akan dihadiri para pemimpin negara atau pemerintahan dari 10 negara ASEAN ditambah tiga negara mitranya yaitu Tiongkok, Korea Selatan, dan Jepang.

Posting Komentar untuk "Menlu Retno Marsudi: KTT ASEAN Deklarasikan Tujuh Kesepakatan Penanganan Covid-19"