RPJMD 2021-2026, Menuju Kejayaan Lamongan

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lamongan acara Penandatanganan Bersama Nota Kesepakatan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemkab setempat Tahun 2021-2026, Selasa (20/4). 

Bupati Yuhronur Efendi menyampaikan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Lamongan Tahun 2021-2026  berfokus pada visi Bupati Terwujudnya Kejayaan Lamongan yang Berkeadilan. 

Bupati Yes menjelaskan, Kejayaan Lamongan adalah terwujudnya Lamongan sebagai kabupaten unggul dan maju, sejahtera lahir batin, terdepan dalam pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sumber daya manusia di Jawa Timur. Sedangkan Berkeadilan adalah suatu kondisi Lamongan yang semakin merata pelaksanaan pembangunan dan kondisi sosial ekonomi masyarakatnya dan semakin menurun kondisi ketimpangan antar wilayah. Berkeadilan juga bermakna keberpihakan untuk melindungi dan membina masyarakat yang secara ekonomi dan sosial  memerlukan perhatian lebih

dari pemerintah daerah.

“Visi RPJMD Kabupaten Lamongan Tahun 2021-2026 adalah terwujudnya kejayaan Lamongan yang berkedilan, sementara itu lima misinya yakni mewujudkan kemandirian ekonomi daerah melalui optimalisasi potensi unggulan daerah. Mewujudkan SDM unggul, berdaya saing dan berahklak yang responsif terhadap perubahan zaman, serta Mewujudkan infrastruktur handal dan berkeadilan yang berwawasan lingkungan,” kata Bupati.

Pak Yes mengungkapkan, misi selanjutnya, mewujudkan kehidupan bermasyarakat yang sejahtera, religius berbudaya, aktif dalam pembangunan, serta lingkungan yang aman dan tentram. Menghadirkan tata kelola pemerintahan yang dinamis, dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas sebagai upaya optimalisasi reformasi birokrasi.

Misi dan visi tersebut  tertuang dalam 11 program prioritas yang menjadi acuan dalam memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat. 

11 program tersebut, lanjut bupati yakni program pendidikan, kesehatan, tenaga kerja, infrastruktur, pertanian dan perikanan, umkm, pemuda dan olahraga, pariwisata, pelayanan publik, sosial kesejahteraan dan pembangunan desa.

Adapun tahapan demi tahapan dalam penyusunan rancangan awal RPJMD telah dilaksanakan sesuai Undang-undang yang berlaku. Pak Yes  mengapresiasi atas persetujuan dan penandatanganan yang dilakukan bersama DPRD Lamongan. 

Sementara itu, Ketua DPRD Lamongan Abdul Ghofur menyampaikan apresiasinya atas pencapaian dan penghargaan yang telah diperoleh Bupati Yes. Pihaknya juga berpesan agar eksekutif turut memperhatikan rekomendasi baik terkait beberapa potensi daerah yang perlu diakomodir, seperti bidang infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan serta bidang-bidang lainnya. 

“Dari hasil pembahasan, saya berharap dalam rancangan akhir RPJMD memperhatikan saran dan rekomendasi DPRD. Terkait beberapa potensi daerah yang perlu diakomodir, seperti bidang infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan serta bidang-bidang lainnya untuk disesuaikan. Yang kemudian dapat disampaikan rancangan awal RPJMD ini kepada Gubernur, sehingga rancangan perda RPJMD dapat disampaikan tepat waktu,” terang Ghofur. (Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama