Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

 


 


Mewakili Pangdam III/Siliwangi, Danrem 062/TN Tabur Ikan Di Situ Cianjing

KAB. BANDUNG (wartamerdeka.info) - Mewakili Pangdam III/Siiwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Danrem 062/TN Kolonel Inf Muhamad Muchidin, S.Sos., menabur ikan di Situ Cianjing Kampung Dino RW. 03 RT.18 Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kab. Bandung, Jum'at (l8/6/2021).

Selain Dansektor 1 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi, turut mendampingi Danrem diantaranya Asrendam III/Slw Kolonel Czi M. Andy Kusuma Wakapendam III/Slw Letkol Inf Ade Hansen, Waaster Kasdam III/Slw Letkol Kav M. Mujahidin,  Pabandya Komsos Sterdam III/Slw Mayor Inf Himawan, Danramil Kertasari Kapten Chb Subardi dan Kades Cibeureum Epi Nurtaufik.

Dalam kesempatan tersebut Danrem 062/TN Kolonel Inf Muhamad Muchidin mengatakan, "hari ini kita menabur ikan, bukan benih ikan yang kita tabur tetapi yang kita lakukan penaburan ikan yang berasal dari Situ Cisanti ". 

"Awal mulanya ini merupakan program Citarum Harum. Saat itu di Situ Cisanti ditaburi benih ikan sebanyak 3 ton, tetapi 6 bulan kedepan perkembangan dan pertumbuhan cukup bagus sehingga populasi ikan disana berkembang menjadi lebih kurang 7 ton, " jelas Danrem.

Lebih lanjut dikatakan Danrem, pada kegiatan ini ikan dari Situ Cisanti diambil 1,5 ton 750 kg ditabur di Pangauban dan 1,5 ton ditabur di Situ Cianjing. 

"Kita berharap, dengan ditaburnya ikan dan benih ikan dari Situ Cisanti dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitarnya termasuk yang berada dihulu Sungai Citarum ".

Harapan kami kedepan," dalam pemeliharaan daerah aliran sungai (DAS) maupun daerah seperti Situ Cianjing  yang menjadi tempat penampungan air ini, kondisinya harus sama-sama kita pelihara," harap Danrem.

Memelihara dan menjaga lingkungan bukan hanya tugas dari  pemerintah saja, masyarakat juga andil dan dituntut kesadarannya untuk tidak menebang pohon sembarangan. Masyarakat juga harus mau menanam pohon yang dapat menahan erosi tanah sehingga dapat mencegah kerugian yang besar bagi masyarakat itu sendiri.

Di tempat yang sama, Dansektor 1 Satgas Citarum Kolonel Kav Purwadi menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Danrem yang telah hadir mewakili Pangdam III/Siliwangi menabur ikan ke Situ Cianjing yang diambil dari Situ Cisanti. 

"Ini merupakan tindak lanjut saat kami melakukan pengecekan kondisi air di Situ Cisanti. Karena PHnya sudah tidak bagus sehingga kami melapor ke Pangdam III/Siliwangi dan Bupati untuk tindak lanjutnya," ujarnya.

Sebenarnya target ikan yang akan diambil 2 ton, namun cuaca kemaren kurang baik sehingga ikan yang bisa diangkat sebanyak 1,5 ton. Nanti selanjutnya akan kita tindak lanjuti.

"Saya minta kepada masyarakat supaya ikan ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Selain itu juga dipelihara agar dapat berkembang biak dengan baik seperti di Situ Cisanti. Membenahi Situ Cianjing ini perlu proses yang panjang untuk kami melakukan pembenahan. Sekitar sebulan lalu saat bulan puasa masih penuh dengan ganggang, sekarang sudah bersih tolong dijaga, " pinta Dansektor 1 Kolonel Kav Purwadi. (Sumber: Pendam III/Siliwangi).

Posting Komentar untuk "Mewakili Pangdam III/Siliwangi, Danrem 062/TN Tabur Ikan Di Situ Cianjing"