Bupati Nelson Upayakan Dana KUR Pertanian Akan Turun

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus mengevaluasi target dan realisasi Kredit usaha rakyat (KUR) di segala sektor. Jika, kemarin Pemkab Gorontalo evaluasi KUR peternakan maka hari ini, Pemkab Gorontalo melakukan evaluasi dan realisasi KUR sektor pertanian.

“Hari ini, saya sengaja mengkoordinasikan soal dana KUR untuk membantu masyarakat di bidang pertanian dan UMKM,” kata Nelson Pomalingo, seusai melakukan Pertemuan terkait Evaluasi Target dan Realisasi Penyerapan KUR pertanian, Rabu (14/7/2021/ di aula kantor dinas pertanian Kabupaten Gorontalo.

Lanjut Nelson, pertanian ini terutama jagung, padi dan peternakan termasuk UMKM.

Kata Nelson, sengaja ini didorong karena membangun daerah ini tak hanya melalui dana APBD dan APBN. Tapi juga,  mendorong investasi termasuk dari unsur perbankan. 

“Kebetulan yang kita dorong dana KUR untuk masyarakat menengah ke bawah dan alhamndulillah, hari ini sudah berjalan dua bulan koordinasinya dan bulan depan akan terealisasi,” ungkap Nelson.

Memang kata Nelson, KUR ini sudah ada yang jalan, tapi ini lebih dikoordinasikan sehingga dorongan kepada perbankan lebih bagus lagi termasuk melatih penyuluh hingga sukses.

“Karena  kalau ada pendamping dari pemerintah dan penyuluh itu akan sukses KUR karena ini harus dikembalikan," beber Nelson.

Bupati dua periode itu mengatakan, ada beberapa kesepakatan tadi termasuk dirinya akan turun untuk bertemu dengan kelompok-kelompok tani dan rapatnya di balai pemyuluh pertanian (BPP)  kecamatan dan desa. 

“BPP akan dioptimalkan menjadi kantor ekonomi desa," ujar Nelson.

Seperti diketahui, pada pertemuan itu, hadir unsur perbankan dari Bank Mandiri, BRI, BNI dan bank Sulutgo.

Targetnya, agar pendapatan masyarakat  naik. Selama ini, kendala petani adalah modal.

“Kendala lainnya yaitu bibit, maka kita siapkan. Terkait kendala pupuk dan sebagainya, kita juga akan siapkan. Semua kendala itu hari ini kita siapkan dan dibuat suatu ekosistim dari hulu sampai hilir, bahkan pasca panen juga kita pikirkan,” tukas Nelson.

“Bagaimana kadar air, bagaimana tasportasi, bagaimana pasarnya dan sebagainya. Sehingga kalau pendapatan naik kemiskinan akan turun,” tutup Nelson. (Ar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama