Bupati Barru Launching SMART SPPD, Inovasi Kabag Umum Setda Barru

BARRU (wartamerdeka.info) - Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh,M.Si melaunching Inovasi Smar Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) di Barru Smart Information Centre (Basic), Senin (30/8/2021).

Bupati Barru Ir H.Suardi Saleh dalam sambutannya sangat berterima kasih atas lahirnya inovasi SMART SPPD ini.

Ke depan ia berharap aplikasi ini dapat diterapkan ke semua perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Barru.

Dirinya menyampaikan terima kasih kepada Andi Rusman Rustam S.STP Kabag Umum Setda Barru sebagai inisiator/reformer Smart SPPD dan Sekretaris Daerah Barru selaku mentornya aplikasi ini. 

"Saya  mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas lahirnya inovasi SPPD SMART ini. Semoga inovasi ini menjadi pijakan untuk lahirnya inovasi-inovasi baru lainnya didaerah tercinta ini yang dapat membawa perubahan pada peningkatan kualitas kerja dan kinerja aparatur kita sebagai salah satu bentuk pengabdian untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kita di Kabupaten Barru," ucap Suardi Saleh.

Lebih lanjut Smart SPPD katanya, bertujuan untuk memberi kemudahan dalam hal pengelolaan administrasi secara elektronik khususnya terkait perjalanan dinas. Selain itu, inovasi ini diharapkan dapat mempermudah pimpinan beserta staf dalam mendapatkan informasi dan layanan administrasi perjalanan dinas. 

Aplikasi SMART SPPD ini akan menjadi salah satu inovasi administrasi di Lingkup Sekretariat Daerah Kabupaten Barru yang kian hari dituntut untuk semakin cepat, akuntabel dan transparan.

Lebih lanjut  Bupati Suardi Saleh mengatakan bahwa saat ini  paradigma pelayanan yang masih konvensional atau manual diharapkan sedikit demi sedikit akan bergeser kearah digitalisasi sesuai tuntutan zaman. 

Suardi Saleh yang juga Suami dari Anggota DPR RI Hasnah Syam menambahkan, proses digitalisasi pelayanan khususnya pelayanan perjalanan dinas kedepannya juga akan memudahkan tugas stakeholder eksternal seperti Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dalam rangka audit atau pemeriksaan terhadap satu instansi.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan SMART SPPD dalam menyiapkan database perjalanan dinas seluruh perangkat organisasi dalam satu laporan.

"Kesyukuran bagi kita semua hari ini kita berkesempatan untuk melaunching sebuah inovasi mengenai penerapan teknologi bagi organisasi perangkat daerah kita, yang Insyaa Allah diharapkan mampu mewujudkan salah satu misi Pemerintah Daerah Kabupaten Barru yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,"sambung Bupati dua periode ini.

Suardi Saleh mengungkapkan, Inovasi tersebut adalah penerapan sistem aplikasi yang berbasis digital yang disebut Sistem Manajemen Administrasi Cermat Surat Perintah Perjalanan Dinas disingkat SMART SPPD. 

Aplikasi berbasis digital ini merupakan instrumen penting dalam rangka tertib administrasi/penomoran surat perintah perjalanan dinas.

Aplikasi ini nantinya akan menjadi sistem digital/online yang dioperasionalkan oleh masing-masing stakeholder dengan bantuan admin/operator sebagai penyedia layanan. 

Kehadiran Aplikasi ini menjadi merupakan terobosan penting di era revolusi industri saat ini yang merupakan keniscayaan yang harus dihadapi oleh bangsa kita khususnya Kabupaten Barru, dimana semua sektor dan bidang kehidupan dituntut untuk bisa merapikan Sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Maka  dari  itu,  dengan SMART SPPD ini diharapkan adanya perbaikan  untuk  sebuah   sistem   pelayanan   secara berkesinambungan dan terintegrasi yang sesuai dengan peraturan perundang- undangan serta mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik melalui pembangunan dan pengembangan inovasi pelayanan dilingkungan Pemerintah Daerah Kab. Barru. 

"Perbaikan pelayanan administrasi khususnya perjalanan dinas melalui SMART SPPD ini diharapkan menjadi solusi atas kendala-kendala yang masih ditemui dalam pelayanan administrasi perjalanan dinas baik pada pimpinan maupun pada staf," tandas Bupati mengakhiri arahannya.

Sementara,  Kepala Bagian Umum Setda Barru Andi Muhammad Rusman Rustam  melaporan bahwa tujuan umum yang ingin dicapai dalam proyek perubahan ini adalah terbetuknya suatu sistem pelayanan administrasi perjalanan dinas untuk pimpinan dan staf organisasi perangkat daerah pemerintah kabupaten Barru secara berkesinambungan dan terintegrasi.

(hms/syam).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama