SPAM Mojolagres Offtake Mantup Diresmikan, Warga Dua Desa Nikmati Air Bersih

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-76 Tahun 2021, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi melaunching Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Mojokerto Lamongan Gresik (Mojolagres) Offtake Mantup di Desa Pelang Kecamatan Kembangbahu, Selasa (17/8/2021).

Peresmian ditandai pemutaran kran air oleh Bupati dengan didampingi Wabup Abdul Rouf, Dandim 0812 Letkol Infantri Sidik Wiyono dan Kapolres AKBP Miko Indrayana.

"Alhamdulillah tepat tanggal 17 Agustus 2021 jaringan layanan air bersih perpipaan SPAM Mojolagres selesai," ujar Pak Yes, bupati Lamongan.

Dengan beroperasinya Offtake ini, akan memberi kemanfaatan besar bagi 500 Sambungan Rumah (SR) di dua desa, yakni 150 SR di Desa Glugu Kecamatan Mantup dan 350 SR di Desa Pelang Kecamatan Kembangbahu.

"Mulai saat ini masyarakat Desa Pelang mandi air bersih. Semoga kegembiraan ini dirasakan warga Pelang dan sekitarnya. Kemarin saya minta direktur PDAM sama PU Cipta Karya  untuk ngebut pengerjaannya. Pipa-pipa harus sudah terpasang. Harapan ke depannya bisa sampai Tikung, minimal 2022 di Tikung ini sudah dapat direalisasi," ungkap Bupati. 

Orang nomor satu di Lamongan itu, juga mengajak seluruh pihak untuk bekerjasama dalam menyediakan air bersih  sehingga harapan masyarakat menikmati air bersih khususnya dikawasan Lamongan Selatan yang rawan kekeringan dapat terwujud.

Kepala Desa Pelang, Dumilah mengungkapkan rasa syukurnya atas fasilitas air bersih yang disediakan pemerintah untuk warganya.

"Terima kasih Bapak Bupati. Alhamdulillah akhirnya mulai saat ini warga saya mandi air bersih," ungkap bu Kades.

Dumilah menceritakan, selama ini warga desa masih menggunakan air telaga untuk kebutuhan sehari-hari.

"Selama ini kita menggunakan air telaga. Bapak ibu bisa menyaksikan sendiri warna airnya ijo royo-royo. Alhamdulillah air bersih sudah nyala (tersedia) di desa kami, " jelas Bu Kades. 

Warga Desa Pelang menyambut gembira upaya pemerintah dalam menyediakan air bersih. Sebelum adanya program air bersih ini, setiap kemarau tiba warga desa harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

“Terima Kasih atas bantuanya Bapak Bupati. Sekarang saya bisa mandi air bersih. Sebelumnya saya membeli 1 tangki seharga Rp 110.000 dan 1 minggu biasanya sudah habis. Sekarang sudah bisa menikmati air bersih tanpa harus beli mahal-mahal lagi,” ungkap Tomo, salah satu warga Desa Pelang.

Proyek SPAM Regional Mojolagres sendiri dimulai pembangunannya pada Bulan Juli 2020 hingga Agustus 2021. Sementara untuk bahan bakunya PDAM Lamongan membeli air curah dari PT Air Bersih Jatim (Perseroda) yang diambil dari Sungai Brantas, Gedeg Mojokerto, kemudian disalurkan melalui pipa transmisi menuju Offtake Mantup.(Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama