Xi Jinping Tidak Menghadiri KTT COP26, Joe Biden: Itu Kesalahan Besar

Pesiden Amerika Serikat, Joe Biden

GLASGOW (wartamerdeka.info) - Presiden China Xi Jinping tidak menghadiri KTT COP26 di Glasgow, Skotlandia. Pesiden Amerika Serikat, Joe Biden menyebut tindakan Xi Jinping sebagai kesalahan besar.

Seperti dilansir AFP, Rabu (3/11/2021), Joe Biden menilai langkah China melewatkan KTT COP26 di Glasgow sebagai sikap menjauh dari aspirasi kepemimpinan global. Dia mempertanyakan kepemimpinan China.

"Fakta bahwa China mencoba untuk menegaskan, dapat dimengerti, peran baru di dunia sebagai pemimpin dunia - tidak muncul, ayolah," kata Biden pada konferensi pers di Glasgow.

"Itu hanya masalah besar dan mereka pergi. Bagaimana Anda melakukannya dan mengklaim dapat memiliki kepemimpinan?" lanjut Biden menambahkan bahwa hal yang sama berlaku untuk Presiden Rusia Vladimir Putin.

Biden bahkan menuding tidak hadirnya Xi Jinping di KTT COP26 sebagai kesalahan besar. Pasalnya China sebagai penghasil emisi karbon terbesar di dunia dan bertanggungjawab atas perubahan iklim.

"Ini adalah kesalahan besar, sejujurnya, karena China tidak muncul. Seluruh dunia memandang China dan berkata 'nilai apa yang mereka berikan?'," kata Biden. (AFP)


Berdasarkan informasi, Xi Jinping, memang belum pernah bepergian ke luar China sejak awal pandemi COVID-19 pada awal 2020. Sementara itu, para pejabat AS sebelumnya juga memperkirakan Xi akan bertemu Biden untuk pertama kalinya sebagai presiden pada KTT Kelompok 20 akhir pekan ini di Roma

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama