Bupati Suardi Saleh : Peringatan Maulid, Momentum Tumbuhkan Kembali Budaya 'Mappatabe'

BARRU (wartamerdeka.info) - Penyelenggaraan Peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW hendaknya kita jadikan momentum  untuk semakin mempererat tali silaturrahim antar sesama yang dapat memberi makna penting dalam kehidupan sehari-hari. 

Hal itu dikemukakan Bupati Suardi Saleh saat menghadiri peringatan maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan pengurus cabang Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)  kecamatan Balusu di aula PKG Takkalasi, Senin (20/12/2021).

Bupati Suardi Saleh yang turut didampingi Ketua TP. PKK Kab Barru drg. Hj. Hasnah Syam MARS mengingatkan bahwa Rasulullah senantiasa mengajarkan ummatnya untuk terus berbuat baik.

Oleh karenanya,  Bupati mengajak para Guru agar melalui momentum Maulid ini  untuk menumbuhkan kembali budaya dan etika sopan santun seperti budaya mappatabe (sopan) dan sipakatau (saling mamanusiakan) Sipakainge (saling mengingatkan) Sipakalebbi (saling menghargai) yang saat ini mulai tergerus  khususnya dikalangan generasi muda kita.

"Dulu kita waktu masa kecil melihat guru maupun orang tua saja sudah segan. Bila kita disuruh pasti menurut dan selalu kita mengikuti gerakan dengan ucapan tabe. (gerakan hormat dengan sedikit membungkukkan badan saat lewat didepan mereka). Saya berharap para guru mengajarkan kembali hal itu," harap Bupati.

Pada peringatan Maulid tersebut, juga dirangkaikan dengan penandatanganan nota kesepahaman Memorandum of Inderstanding (MoU)  antara PGRI Balusu dengan Ponpes DDI Takkalasi terkait penggunaan BLK Multimedia DDI Takkalasi dan Launching perdana Wibside PGRI Balusu News. 

Dari 7 Cabang PGRI, Cabang Balusu menjadi yang ke 6  menyelenggarakan peringatan  Maulid Nabi Muhammad S.A.W, dan tersisa PGRI Cabang Soppeng Riaja yang dijadwalkan selanjutnya.

"Peringatan Maulid kali ini luar biasa. PGRI Cabang Soppeng Riaja jangan mau kalah dengan PGRI Cabang Balusu. Jangan permalukan kampungnya Ketua Tim Penggerak PKK  dan kampungnya Bupati, PGRI Kec. Balusu dan Kecamatan lainnnya  sudah  sukses menggelar peringatan Maulid." kata Bupati Barru dengan nada canda di hadapan jamaah Maulid PGRI.

Turut hadir, Anggota DPRD Kabupaten Barru Syahrul Ramdhani, ST, Kepala Dinas Pendidikan Andi Adnan Azis S.STP, M. Si. Kepala Kantor Kementerian Agama diwakili Mapendais DR. Muhlis Hakim, Camat Balusu Andi Ika Syamsu Alam, S. STP. M. Si. Kapolsek Balusu IPTU Asdar Asri, Kepala KUA Balusu Drs. H. M. Husni Makki,, Ketua PD PGRI Kabupaten Barru  h. Abdullah Tintjo. S.Pd. M. Pd. Ketua IGTKI Kab.Barru Dra.Hj. Fatmawati,M. Pd  dan segenap Pengurus Kecamatan dan Lurah Takkalasi Sukarman, S.Pd.

(humas/syam).

Posting Komentar untuk "Bupati Suardi Saleh : Peringatan Maulid, Momentum Tumbuhkan Kembali Budaya 'Mappatabe'"