Prof Dr Fory Naway: Data Sektoral Penting Dalam Menentukan Prioritas Pembangunan

KAB GORONTALO (wartamerdeka.info) - Ketua Tim penggrak PKK Kabupaten Gorontalo, Prof Dr Fory Naway menegaskan, Data Sektoral penting dalam menentukan prioritas pembangunan.

Fory Naway mengatakan, manfaat yang akan diperoleh antara lain adalah untuk mengetahui kecenderungan (trend) yang akan terjadi pada masa datang 

Juga untuk menentukan prioritas sebagai acuan dalam evaluasi dan pengendalian kegiatan.

Selain itu, untuk memperkirakan antisipasi terhadap resiko dan hambatan yang akan dihadapi dalam pelaksanaan.

Hal ini disampaikan Prof. fory Naway saat menjadi nara sumber pada kegiatan Bimbingan Teksnis E-Data Sektoral Kabupaten Gorontalo tahun 2022, Kamis(24/2/2022). 

Profesor jebolan UNG itu mengatakan, Bimtek pengelolaan e-data sektoral ini sangat penting dan diperlukan bagi peningkatan kapabilitas pengelola data termasuk data gender dan anak.

"Dengan tujuan untuk meningkatkan ketersediaan, kualitas terhadap data dan informasi yang komprehensif diperlukan sumber daya pengelola data yang memiliki kemampuan pengelolaan data statistik sektoral,"ungkapnya. 

Mengapa e-data itu penting bagi pembangunan ?

Karena, kata Fory Naway, menyongsong pembangunan di era revolusi industri 4.0, sistem Satu Data Indonesia sangat dibutuhkan guna menghasilkan data yang akurat, mutakhir, lengkap, dan dapat dipertanggung-jawabkan.

"Dengan adanya Sistem Informasi Data Statistik Sektoral (e-Data) semua kebutuhan akan data akan menjadi lebih mudah untuk diolah dan disebarkan,"ujar Fory Naway. 

Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo itu menuturkan, pentingnya e-Data untuk pembangunan. 

Karena pembangunan pada setiap pemerintah daerah, baik itu tingkat provinsi, kabupaten maupun kota adalah sebuah proses yang berkesinambungan setiap tahunnya. 

Oleh karena itu sangat dibutuhkan data pembangunan yang mudah didapatkan.

Data yang dimaksud tidak saja akurat tetapi juga data series, yaitu data yang dapat menginformasikan hasil pembangunan dari waktu ke waktu. 

"Data tersebut digunakan untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap capaian pembangunan di berbagai sektor, termasuk gender dan anak," jelas fory Naway. 

Ia pun mengatakan, PKK Kabupaten Gorontalo sudah mengimpelemetasikan SIM PKK.

"SIM PKK merupakan pengelolaan sistim informasi dan data tentang berbagai kebijakan, program, dan kegiatan yang diharapkan mampu memberi data dan informasi secara cepat, tepat, akurat, dan menyeluruh mulai dari tingkat Dasawisma, TP PKK Desa/Kelurahan, TP PKK Kecamatan, TP PKK Kabupaten/Kota, TP PKK Provinsi, dan TP PKK Pusat,"terang  fory Naway. (Irf)

Posting Komentar untuk "Prof Dr Fory Naway: Data Sektoral Penting Dalam Menentukan Prioritas Pembangunan"