Komunitas Sepeda Jelajah 'eSJe LIBAS' Barru Taklukkan 10 Gunung Di Sulsel

BARRU (wartamerdeka.info) -  Komunitas Sepeda Jelajah Lintas Batas ( eSJe Libas) kabupaten Barru untuk menjaga kebugaran secara rutin melakukan aktifitas bersepeda atau gowes terutama pada hari-hari Libur. 

Ditemui ditaman Gedung Pertemuan Islamic Centre kota Barru, beberapa anggota komunitas Sepeda Jelajah Lintas Batas (Libas) sedang  menikmati minuman segar,  Es kelapa muda setelah gowes. 

"Kami baru saja melakukan Gowes dari Barru kota ke Kampung Jagung Laju pulang-pergi. Jaraknya tempuh sekira 50 KM. Makanya kami merefress dulu tenaga setelah mengayuh sepeda", kata Ketua Komunitas Sepeda Libas, H. Takbir Said, Rabu (1/6/2022).

Menurut Takbir Said, komunitas sepeda Libas berdiri sejak tahun 2012 sudah menjelajahi berbagai rute ekstrim di Sulawesi Selatan, bahkan diluar Sulsel. Disamping bersepeda dirute jalanan mulus komunitas yang beranggotakan sekitar 40 orang dari berbagai latar belakang profesi juga aktif juga menjajal beberapa gunung yang ada di Sulawesi Selatan. 

Disebutkan sedikitnya sudah ada sepuluh gunung di Sulsel yang berhasil ditaklukkan seperti Gunung Bawakaraeng. Gunung Bulu Saraung. Gunung Latimojong. Gunung Lompobattang dan beberapa gunung lainnya. 

"Untuk mencapai puncak gunung tidak jarang kita harus memikul sepeda karena disamping tidak ada jalanan, juga medannya terjal," katanya mengakui. 

Ditambahkan salah satu capaian yang cukup membanggakan ketika berhasil gowes di pulau Jawa dimana berhasil mencapai puncak Gunung Bromo, Merapi dan Rinjani. 

Bagi Takbir Said,  Bersepeda menjadi alternatif olahraga yang murah dan bisa dilakukan oleh semua elemen masyarakat. Selain itu bersepeda secara rutin juga memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan fisik juga kesehatan mental.

Terbaru,  komunitas yang dibina langsung Ketua ISSI Barru yang juga adalah Kepala Dinas Kesehatan Barru dr. Amis Rifai telah berhasil menjajal rute ekstrim di daerah Segitiga Emas, perbatasan tiga kabupaten yakni Barru, Pangkep dan Bone.

"Sebanyak 500 bikers,  Gowes star di Puncak Lemo dan Finis di Destinasi Wisata Lappalaona dengan menyusuri rute ekstrim ditiga wilayah kabupaten sepanjang 30 KM dengan waktu tempuh 4-5 jam", tutup Takbir lalu menambahkan dalam waktu dekat Bikers Libas yang anggotanya Rata-rata berusia diatas 50 tahun akan berangkat ke Jawa Barat untuk Gowes. 

(syam)

Posting Komentar untuk "Komunitas Sepeda Jelajah 'eSJe LIBAS' Barru Taklukkan 10 Gunung Di Sulsel"