Ketua Pelaksana Pra Kongres I Kebudayaan Batak Toba Apresiasi Perhatian dan Bantuan Menparekraf R.I, Sandiaga S. Uno

Foto: Menparekraf R.I, Dr. H. Sandiaga S. Uno, M.B.A membuka secara resmi Pra Kongres I Kebudayaan Batak Toba dan Bulan Kebudayaan Batak via zoom dari Bali untuk acara di Jakarta

JAKARTA, wartamerdeka.info

Ketua Panitia Pelaksana Pra Kongres I Kebudayaan Batak Toba dan Bulan Kebudayaan Batak dari Batak Center (Pusat Habatahon), Irjen Pol (Purn) Drs. Erwin T.P Lumban Tobing mengapresiasi perhatian dan bantuan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekaraf) R.I, Dr. H. Sandiaga S. Uno, M.B.A.

 

Hal itu diungkapkan Irjen Pol (Purn) Drs. Erwin T.P Lumban Tobing dalam laporannya, pada acara pembukaan Pra Kongres I Kebudayaan Batak Toba dan Bulan Kebudayaan Batak, hari Senin, 26 September 2022.

 

“Kami sangat mengapresiasi perhatian dan bantuan pak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. Sandiaga Salahudin Uno, M.B.A, yang telah membuka acara ini secara resmi via zoom dari Bali. Dan terimakasih yang sebesar-besarnya, atas bantuan fasilitas ruangan Balai Soesilo Soedarman ini selama dua hari secara free. Luar biasa perhatian dan komitmen beliau,’ ujar mantan Kapolda Kalimantan Barat ini di Balai Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat.

 

Diketahui, ditengah kesibukannya di Bali, dalam rangka mengecek persiapan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) 2022, yang dilaksanakan tanggal 27 September 2022, Sandiaga S. Uno masih memberikan waktunya untuk membuka secara resmi Pra Kongres I Kebudayaan Batak Toba dan Bulan Kebudayaan Batak secara daring (via zoom).

 

Beberapa saat setelah sambutan dan Pembukaan Pra Kongres I Kebudayaan Batak Toba dan Bulan Kebudayaan Batak secara resmi oleh Dr. H. Sandiaga S. Uno, M.B.A dari Bali, disambut dengan pemukulan gong oleh Ketua Umum Batak Center, Ir. Sintong M. Tampubolon di Balai Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf, Jakarta Pusat.

Foto: Sesi 1: Panel Diskusi "Kebudayaan Batak dalam Pusaran Peradaban Global"

Dalam pemukulan gong, Ketua Umum Batak Center, Ir. Sintong M. Tampubolon didampingi para tokoh Batak lainnya di panggung, seperti: Irjen Pol (Purn) Drs. Erwin T.P Lumban Tobing; Sekjen Batak Center, Drs. Jerry Sirait; Ketua Umum Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI), Dr. Ronsen M. Pasaribu, S.H., M.M; Ketua Umum Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT), Drs. Maruap Siahaan, M.B.A; Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernando Panjaitan; mantan Anggota DPD R.I, Parlindungan Purba, dan lain-lain.

 

Pembukaan dihadiri sekitar 250 orang di ruangan, dan 30 peserta yang ada di zoom meeting. Sebelum pembukaan secara resmi, para hadirin bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Sekretaris Panitia, Tiomora Sitanggang, dan Hening Cipta dipimpin oleh Sekjen Batak Center, Drs. Jerry Sirait.

 

Dalam sambutannya, Ketua Umum Batak Center, Ir. Sintong M. Tampubolon mengatakan, acara Bulan Kebudayaan Batak dan Pra Kongres I Kebudayaan Batak Toba ini merupakan rangkaian Kongres I Kebudayaan Batak Toba, yang akan diselenggarakan di Balige bulan depan. Selain itu, upaya turut meningkatkan kesadaran akan kebudayaan masyarakat Batak dalam berbagai aspek, terutama bagi kalangan muda milenial.

 

Tantangan ini merupakan salah satu titik perhatian dari Batak Center sebagai Pusat Habatahon (Pusat Kebatakan), dimana semakin banyak kalangan milenial belakangan ini yang tidak bisa berbahasa Batak, tidak bisa menulis aksara Batak, minimnya yang memiliki kemampuan bertutur dengan menggunakan bahasa Batak, pemahaman adat budaya Batak yang semakin menurun dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan kebudayaan Batak, khususnya Batak Toba.

 

Acara ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yakni tanggal 26 dan 27 September 2022, dengan garis besar acara sebagai berikut: Senin, 26 September 2022: Upacara Nasional (Menyanyikan Lagu Kebangsaan "Indonesia Raya" & Hening Cipta; Doa oleh Pdt. Gomar Gultom, M.Th. (Ketum PGI); Laporan Ketua Panitia; Pengantar Umum oleh Ketua Panitia Kongres I Kebudayaan Batak Toba, Prof. Dr. Robert Sibarani, M.S; Sekapur Sirih oleh Ketum Batak Center; Sambutan Direktur Utama BPODT, Jimmy Panjaitan; Sambutan dan Pembukaan secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno.

 

Dilanjutkan dengan Sesi 1: Panel Diskusi "Kebudayaan Batak dalam Pusaran Peradaban Global" dengan Panelis: 1) Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek RI, Hilmar Farid, Ph.D; 2) Jhohannes Marbun, S.S., M.A dan Penanggap: 1)    Penggiat/ Pemerhati Budaya, Ir. Hokky Situngkir; 2) Tokoh Masyarakat Batak, Dr. Parlindungan Purba, S.H., M.M, dengan Moderator: Drs. Jekmen Sinulingga, M.Hum (Kaprodi Budaya Batak, Fakultas Ilmu Budaya, USU).

Foto: Sesi 2 – “Pemaparan dan Diskusi “Draf Pedoman Tata Bahasa Batak Toba” (zoom)

Setelah Ishoma, dilanjutkan dengan Sesi 2 – “Pemaparan dan Diskusi “Draf Pedoman Tata Bahasa Batak Toba” Paparan: Ketua Lembaga Penelitian USU, Prof. Dr. Robert Sibarani, M.Sc; dengan Pembahas 1)            Drs. Saut Poltak Tambunan; 2) Mida Silaban; dengan Moderator: Drs. Manguji Nababan (Kepala Pusat Dokumentasi dan Pengkajian Kebudayaan Batak Univ. HKBP Nommensen)

 

Sedangkan hari Selasa, 27 September 2022, disebut Sesi 3 yakni Sosialisasi "Paradigma Baru Tata Kelola Adat Batak Toba (3E: Esensial, Efektif dan Efisien)", oleh Ketua Umum Dewan Mangaraja LABB, Brigjen TNI (Purn) Berlin Hutajulu; dengan Pembahas: 1) Prof. Dr. Payaman Simanjuntak; 2) Drs. H. Ramses Hutagalung, M.M; 3) Ketua Umum Pemuda Batak Bersatu (PBB), Lambok F. Sihombing; dengan Moderator: Dr. Pontas SInaga, M.Sc.

 

Setelah Ishoma, masuk ke Sesi 4 - Talk Show “Ekonomi Inklusif dan Perempuan Pedesaan” dengan Narasumber: 1) Hadriani Uli Silalahi; 2) Annette; 3) Raini br Hutabarat; 4) Caramia Sitompul; 5) Susi Rio Panjaitan, M. Psi; dengan Moderator: Ujiana Sianturi (Ketua UMKM Sumut).

 

Setelah itu, dilanjutkan dengan Paparan Tim Perumus; Penampilan para Pemenang dari 5 jenis lomba; Penampilan anak-anak martaganing, dll. Dilanjutkan dengan Fashion Show busana wanita Batak; Pertunjukan musik Dorman Manik bersama Rani Simbolon; yang dilanjutkan dengan acara Penutupan.

 

Sementara itu diketahui, Puncak Acara Kongres I Kebudayaan Batak nantinya akan digelar di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, pada tanggal 20-22 Oktober 2022 mendatang. Diketahui, Panitia Kongres I sedang mempersiapkan untuk sekitar 350 orang yang akan hadir dalam Kongres tersebut. DANS 

Posting Komentar untuk "Ketua Pelaksana Pra Kongres I Kebudayaan Batak Toba Apresiasi Perhatian dan Bantuan Menparekraf R.I, Sandiaga S. Uno"