Kemendagri Minta Pemda Alokasi Anggaran Dukung Sail Tidore 2022

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Gelaran Sail Tidore 2022 akan segera dimulai dalam hitungan bulan, untuk itu seluruh elemen pendukung baik dari Pemerintah Pusat maupun Daerah perlu segera menyelesaikan persiapan acara nasional tersebut. 

Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Teguh Setyabudi selaku Ketua Bidang Acara Puncak mendampingi Wakil Menteri Dalam Negeri yang mewakili Menteri Dalam Negeri dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri terkait Persiapan Sail Tidore 2022 pada tanggal 27 Sept 2022 menyatakan Ditjen Bina Bangda telah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan acara puncak.

"Kami telah melaksanakan beberapa kali rapat yang melibatkan K/L dan Pemda serta kunjungan lapangan ke Tidore untuk memastikan persiapan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah,” ujar Teguh.

Teguh menambahkan, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan masih harus banyak berkoordinasi dengan Pemerintah dan Panitia Pusat terkait teknis yang berkaitan dengan acara seperti mekanisme kedatangan dan pengamanan Presiden pada acara puncak, rencana peresmian pembangunan museum, jembatan, bandar udara di Tidore serta beberapa rangkaian acara demo sinergi kemaritiman yang akan ditampilkan pada acara puncak. 

"Kami selaku Ketua Panitia Bidang Acara Puncak telah menyiapkan rundown acara puncak yang telah melalui beberapa kali pembahasan dengan K/L dan Pemda," tutur Teguh.

Selain beberapa hal yang perlu disiapkan secara maksimal, beberapa kendala pun tidak luput menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. "Pemda menunggu kepastian pelaksanaan Sail Tidore, termasuk kaitannya dengan pembiayaan. Hal ini tentunya menjadi hal krusial mengingat masih banyak infrastruktur pendukung yang perlu disiapkan.

"Untuk itu diharapkan dukungan penuh dari Pemda dan K/L yang terlibat termasuk untuk mengalokasikan anggaran demi terselenggaranya acara ini," tegas Teguh.

Selain beberapa hal tersebut, dukungan K/L terkait juga disampaikan dalam rapat seperti pembangunan infrastruktur, tinjauan kondisi cuaca pada hari H acara, pengamanan dan keselamatan, serta kesiapan pelaksanaan sinergi kemaritiman yang akan mempertunjukkan beberapa atraksi dari TNI AL dan TNI AU.

Sebagai tindak lanjut rapat ini, Teguh menyampaikan bahwa Ditjen Bina Pembangunan Daerah akan segera melaksanakan rapat pemantapan dan kunjungan lapangan kembali untuk memastikan kegiatan acara puncak berjalan dengan lancar. (A)

Posting Komentar untuk "Kemendagri Minta Pemda Alokasi Anggaran Dukung Sail Tidore 2022"