Sosialisasi Di Cilellang, Hasnah Syam Sebut Stunting Bukan Hanya Karena Fisik

BARRU (wartamerdeka.info) - Ratusan warga Desa Cilellang mengikuti Sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Program Percepatan Penurunan Stunting, yang digelar oleh Anggota Komisi IX DPR RI fraksi Partai NasDem, drg. Hj. Hasnah Syam, MARS., bekerjasama dengan mitra kerjanya BKKBN.

Sosialisasi tersebut digelar di Aula Kantor Desa Cilellang, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, pada Kamis (1/9/2022). 

Hasnah Syam yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Barru mengatakan bahwa, Sosialisasi penurunan stunting adalah merupakan program nasional yang bekerjasama dengan BKKBN. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat terkait Stunting.

“Stunting adalah kondisi dimana Balita mengalami kekurangan gizi dalam waktu yang cukup lama. Stunting ini akan mengakibatkan pertumbuhan anak tidak sesuai dengan umurnya," kata Hasnah mengawali sambutannya.

Menurut Mantan Kadis Kesehatan Barru ini, anak stunting bukan hanya terganggu pertumbuhan fisiknya (bertubuh pendek/kerdil) saja, melainkan juga terganggu perkembangan otaknya.

Tentu saja ini akan sangat mempengaruhi kemampuan dan prestasi di sekolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif.

Isteri Bupati Barru dua periode ini menjelaskan, data Prevalensi Stunting Barru Tahun 2021 mencapai 26,4 persen berdasarkan data SSGI (Studi Status Gizi Indonesia). 

Capaian ini menurutnya, masih membutuhkan kerja keras untuk mendukung target nasional sebesar 14 persen yang tercantum dalam RPJMN Tahun 2020-2024.

“Saya berharap peran serta seluruh stakeholder dalam upaya percepatan penurunan stunting dan pencapaian target nasional. Diharapkan juga kepada peserta sosialisasi yang hadir dalam kesempatan ini, agar menginformasikan kepada keluarga, tetangga dan saudara saudara kita, " harap Hasnah.

Sebelumnya, Kadis PMD, PPKB, PPPA Jamaluddin dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Hasnah Syam selaku Anggota DPR RI yang telah banyak mengintervensi kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan penurunan stunting di Kabupaten Barru.

"Sudah sepatutnya kita sebagai warga masyarakat Kabupaten Barru bersyukur karena memiliki seorang tokoh seperti Bu Dokter Hasnah Syam yang setiap saat selalu turun ke tengah tengah masyarakat," ungkap Jamaluddin.

Sosialiasi tersebut turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKN Provinsi Sulsel diwakili Koordinator Adpin Hj. Siti Sulfiani, S.Sos. M.Si., Kadis PMD, PPKB, PPPA Jamaluddin, S.Sos. MH., Perwakilan Camat Mallusetasi, Kepala KUA Mallusetasi, Kades Cilellang H. Rudi Hartono dan undangan lainnya.

(Ahkam/Syam)

Posting Komentar untuk "Sosialisasi Di Cilellang, Hasnah Syam Sebut Stunting Bukan Hanya Karena Fisik"