500 Personil Ikuti Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana

KOTA BEKASI (wartamerdeka.info) - Sekitar 500 personil dari berbagai instansi yang terlibat dalam penanggulangan bencana alam/banjir/kebakaran di Kota Bekasi melaksanakan apel gelar pasukan, di lapangan Plaza kantor Wali Kota Bekasi, Jl. Jendral Ahmad Yani, Kota Bekasi, Rabu (12/10/2022).

Apel gelar pasukan dihadiri PLT Walikota Bekasi Dr.H.Tri Adhianto Tjahyono, S.E.,M.M, Kombes. Pol. Hengki, S.I.K., M.H. Kapolres Metro Bekasi  Kota, Para PJU polres Metro Bekasi Kota, Kolonel. Kav. Luluk Setyanto, M.P.M.Dandim 05/07 Bekasi, Danyon Armed dan anggotanya, kadis perhubungan dan anggotanya, Kadis Satpol PP dan anggotanya, kadis kesehatan dan anggotanya, Kadis PU dan anggotanya, kadis Damkar dan anggotanya, Kepala BPBD dan anggotanya, kadinsos dan anggotanya, kepala PLN Kota Bekasi dan anggotanya, Ketua PMI dan anggotanya, Ketua Pramuka Kuarcab Kota Bekasi  dan anggotanya, Ketua Pokdar kamtibmas Bhayangkara dan anggotanya, Ketua Senkom dan anggotanya, Karang Taruna, Samatri.

Dr. H. Tri Adhianto Tjahyono, S.E., M.M, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Bekasi dalam arahanya menyampaikan, bahwa Gelar Apel Pasukan diperlukan guna memeriksa kesiapan personil dan peralatan yang akan digunakan ketika terjadi bencana datang.

"Sebagai daerah yang rawan, semua unsur untuk dapat lebih waspada menghadapi potensi bencana. Peralatan dan personil harus siap membantu masyarakat terutama saat evakuasi dan penyelamatan korban," kata Tri Adhianto. 

Menurut Tri Adhianto Bekasi merupakan salah satu daerah yang cukup banyak, meskipun bencana alam tidak dapat diprediksi dan dapat terjadi kapan saja. 

Sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat, harus mampu bergerak cepat, tepat dan efisien apabila sewaktu waktu terjadi bencana.

"Ini langkah nyata dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana saat memasuki musim penghujan seperti saat ini, karena dalam setiap tahunnya ada beberapa wilayah di Bekasi ini menjadi wilayah langganan banjir dan kita harus mengupayakan agar selalu waspada dan tanggap, paling tidak menimalisir adanya korban,"   tegas pria yang akrab dipanggil mas Tri.

Sementara itu, H. Suyatno, Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Resort Kota Bekasi mengatakan, apel gelar pasukan dilakukan sebagai pembekalan di lapangan dalam menjalankan tugas. 

"Kami senang diundang acara gelar pasukan seperti ini, kegiatan ini rutin setiap tahun. Menurut saya arahan dari Plt. Walikota merupakan bentuk pembekalan dilapangan, karena kami dari Pokdarkamtibmas Bhayangkara selalu siap siaga dalam membantu apabila terjadi musibah seperti di musim hujan yang banyak menyebabkan banjir," kata H. Suyatno


Menurut H. Suyatno, Pokdarkamtibmas Bhayangkara sebagai Mitra Polri siap ikut menjaga Kamtibmas, selain itu siap siaga diperbantukan apabila terjadi bencana. 

"Sudah merupakan kewajiban kami sebagai mitra dari Kepolisian untuk membantu dengan terjun langsung melaksanakan pengamanan, selain itu kamipun siap apabila terjadi bencana, seperti yang sering terjadi bencana banjir, kami turun ke lapangan ikut mengevakuasi warga dan juga menyalurkan logistik untuk korban banjir. Mudah-mudahan kontribusi kami khususnya dalam menjaga Kamtibmas dan juga rescue bisa bermanfaat bagi warga masyarakat,"kata H. Suyatno.

Sebagai Ketua Pokdarkamtibmas Bhayangkara Sektor Bekasi Selatan yang ikut mengirimkan anggotanya dalam apel siaga, Dedy Rudyanto menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran semua anggota pokdar menghadiri apel gelar pasukan.

"Alhamdulillah semua bisa hadir dalam undangan ini, selain memenuhi undangan ini juga sebagai ajang silaturahmi," ucap Dedy. 

"Pokdarkamtibmas Bhayangkara selalu ada dan ikut andil dalam menjaga keamanan ketertiban Masyarakat dan juga dalam membantu apabila terjadi bencana. Dalam kamtibnas pokdar ikut dalam pengamanan Hari-hari besar, pengamanan bulan puasa dan idul fitri, patroli rutin setiap malam minggu bersama aparat Polri, dan kordinasi dengan sub sektor kami aktif, setiap hari kami adakan saling melaporkan melalui grup whatsapp. kami juga aktif membantu tugas pemerintah dalam program percepatan vaksinasi, dan pokdar tentunya teguhkan komitmen akan selalu ikut bersama-sama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat," tutup Dedy.

Posting Komentar untuk "500 Personil Ikuti Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana"