Iklan

 


Iklan

 


,

MENU

Iklan

 


Konferensi Internasional, JIC Jalin Kerjasama Dengan Turki

Rabu, Desember 21, 2022, Desember 21, 2022 WIB Last Updated 2022-12-21T10:01:08Z

JAKARTA (wartsmerdeka.info) - Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPIJ) yang lebih dikenal dengan nama Jakarta Islamic Centre (JIC) menggelar Konferensi Internasional yang mengangkat tema besar “The History of Science in Islam”.

Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta mengatakan acara yang bekerjasama dengan Universitas Kirikkale dan IBTAV (İslam Bilim Tarihi Araştırmaları Vakfı) Turki / Yayasan Penelitian Ilmu Sejarah mengatakan bahwa kegiatan ini berusaha menunaikan fungsinya sebagai salah satu lembaga keislaman di Indonesia yang ingin terus mengembangkan sayapnya dalam unsur peradaban dan keilmuan.

Kiai Subki lebih lanjut mengatakan, saint, ilmu pengetahuan itu sesungguhnya pernah berjaya dan dimiliki oleh ilmuan-ilmuan Islam.

"Kita mengenal ilmu kedokteran juga bersumber dari ilmuwan Islam, ilmu astronomi perbintangan, ilmu matematika bahkan bersumber dari ilmuwan Islam, jadi adalah sebuah kewajaran kalau pada pagi hari ini Jakarta Islamic Centre ingin mengembalikan kejayaan itu dalam upaya-upaya programnya," ujarnya di Convention Hall Jakarta Islamic Centre, Rabu (21/12/2022).

"Maka atas dukungan semua pihak khususnya para utusan, para tamu-tamu kita dari Turki, paling tidak langkah-langkah ini sudah mulai ditapaki oleh Jakarta Islamic Centre, mudah-mudahan memberikan manfaat yang besar untuk perkembangan umat Islam di Jakarta dan seluruh Indonesia," tambahnya.

Kiai Subki merasa Jakarta Islamic Centre mendapatkan kebanggaan atas kehadiran tokoh-tokoh penting dari negara Turki, "Tentu ini adalah sebuah kehormatan bukan saja untuk Jakarta Islamic Centre tapi untuk pemerintah DKI Jakarta, bahkan untuk pemerintah Indonesia," ujarnya.

"Semoga kerjasama ini terus berlanjut semakin baik dalam program-program keilmuan dan keislaman, mudah-mudahan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya," pungkasnya.

Dalam kegiatan Konferensi Internasional tersebut juga terjalin kerjasama Universitas Kırıkkale (Türkiye) dan Jakarta Islamic Center (Indonesia) dalam kegiatan pendidikan dan penelitian yang kooperatif, untuk kepentingan bersama kedua institusi.

Dalam MOU kerjasama tersubut menyatakan bahwa kedua pihak akan bersama-sama mengembangkan program pendidikan dan penelitian kooperatif untuk staf dan mahasiswa dari kedua institusi dalam kerangka perjanjian ini.

Kegiatan kerja sama yang tercakup dalam perjanjian ini dapat mencakup pertukaran staf dan mahasiswa, belajar di luar negeri, program penelitian kolaboratif, seminar dan lokakarya, dan program layanan.

Acara yang dihadiri dihadiri oleh Mr. Bilal Erdogan (putra Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan) ini secara langsung dibuka oleh Kepala Biro Dikmental Pemprov DKI Jakarta, Gunas Mahdianto. (M)

Iklan4

 


 


 


 


 


 


 


 



 


 


HEAD LINE

Survei Polmatrix: Tingkat Kepuasan Publik Terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi Capai 75,5 Persen

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Hasil survei Polmatrix menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Republik Indonesia ...