Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi, Baru Dilantik Tancap Gas Pantau Langsung Layanan Dukcapil Di Daerah


JAKARTA (wartamerdeka.info) - Mengemban amanah baru, Teguh Setyabudi selaku Dirjen Dukcapil yang baru dilantik pada Rabu (15/3/2023), pada Jumat (17/3/2023) langsung tancap gas melakukan safari mengunjungi Disdukcapil Banyumas dan Purbalingga di Provinsi Jawa Tengah. Kunjungan ini ia laksanakan untuk memantau pelayanan dukcapil di kedua kabupaten tersebut, sekaligus melakukan pembinaan, audiensi dan diskusi menyerap berbagai permasalahan yang ada dan pemberian blangko KTP-el.


Dirjen Teguh juga memberikan apresiasi kepada kedua kabupaten tersebut dengan hasil kinerja yang dicapai. "Di Banyumas perekaman KTP-el telah mencapai 99,44% dan KIA sudah 55,22%. Sudah di atas target nasional. Di Purbalingga, bayi yang lahir ada inovasi Anak Ceria Sijepat, dimana begitu lahir dan diurus langsung menerima 4 dokumen, yaitu Akta Kelahiran, KIA, KK dan Kartu BPJS," tutur Dirjen Teguh.


Tak hanya itu, layanan online di kedua kabupaten tersebut juga berjalan efektif sehingga tidak terdapat penumpukan antrian pelayanan di kantor Disdukcapil. Hasil pelayanan online dapat dikirimkan ke alamat penduduk melalui jasa kirim dari PT. POS dengan biaya yang sangat terjangkau 10 ribu rupiah.


Hasil kunjunganya, Dirjen Teguh melihat permasalahan yang dihadapi relatif sama. "Permasalahannya hampir sama. Yakni terkait kualitas sarana dan prasarana yang perlu dilakukan peremajaan, terbatasnya anggaran dan belum memilikinya Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM)," ungkap Teguh.


Kepada kedua kabupaten tersebut, Dirjen Teguh turut memberikan arahan dan penguatan kepada seluruh jajaran Disdukcapil. "Selalu menjaga kekompakan serta terus bersinergi dengan instansi terkait lainnya, guna memudahkan akses serta kepengurusan data kependudukan. Jaga marwah Dukcapil dengan layanan bebas calo dan pungli," ucap Dirjen Teguh.



Lebih lanjut, Dirjen Teguh menegaskan agar inovasi yang telah ada agar terus dikembangkan untuk lebih memudahkan masyarakat. "Beberapa inovasi bagus yang kami temukan di kedua Kabupaten tersebut, bisa dikembangkan atau diimplementasikan di daerah-daerah lainnya. Sosialisasi dan penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD) juga terus dapat digenjot untuk merealisasikan target 25% pada tahun 2023," terusnya.


Di akhir kunjungan, Dirjen Teguh memberikan tambahan blangko KTP-el masing 2.000 keping kepada Disdukcapil Banyumas dan Purbalingga. 


Demikian pula Mendagri Muhammad Tito Karnavian. Orang nomor satu di Kemendagri itu selalu berpesan kepada jajaran Dukcapil untuk terus melayani dengan maksimal kepada masyarakat dengan pelayanan adminduk yang memudahkan dimanapun di seluruh Indonesia. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama