Festival Kemang Beri Pencerahan Dunia Usaha


JAKARTA-
Pemerintah Kota Jakarta Selatan berhadap banyak bermunculan festival-festival seperti Festival Kemang, untuk lebih memberikan pencerahan bagi dunia usaha, khususnya usaha kecil dan menengah (UKM) di wilayah Jakarta Selatan.

Sebab, selain memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha kecil menengah, juga melestarikan budaya Betawi dan mempromosikannya sebagai suatu kebanggaan daerah.

Assisten Perekonomian dan Administrasi Jakarta Selatan, Drs H Suluh Sudiharto berharap pelaksanaan keriaan seperti Festival Kemang yang digelar Minggu (20/12) lalu itu terus dilakukan.

Apalagi pelaksanaanya didukung berbagai pihak. Selain pengusaha kecil, juga tokoh masyarakat Betawi. "Sehingga banyak manfaatkan yang dapat digali dari pelaksanaan festival ini," katanya.

Festival Kemang kali ini dinilainya berlangsung sukses. Terlihat, warga ibu kota berbondang-bondang datang ke Kemang di selatan Jakarta mengunjungi Festival Kemang 2009. Acara ini boleh disebut sebagai wisata kesenian karena di ajang ini banyak dijual aneka macam aksesoris etnis dari berbagai daerah.

Stan sepanjang 1,5 Km yang digelar di Festival Kemang 2009 ini sebagian besar didominasi oleh pakaian dan aksesoris wanita, mainan anak-anak, serta beragam makanan. Selain itu, dipamerkan pula produk kerajinan tangan seperti rajutan, tas kain perca, ukiran kayu, patung hiasan ruangan, keramik, wayang, atau bahkan foto dan lukisan.

Selain pakaian, masih banyak barang unik lainnya yang ditawarkan di Festival Kemang yang kelima ini. Sebut saja stan Littel India yang menyajikan aneka ragam pernak-pernik khas Negeri Hindustan, seperti kalung dan anting-anting. Jika lapar dan kehausan, pengunjung pun bisa datang ke stan kuliner yang menyajikan aneka masakan dari daerah hingga luar negeri.

Menurut Deasy Sugiharti, panitia penyelenggara Festival Kemang 2009, peserta Festival Kemang tak hanya dari Jakarta. Mereka justru kebanyakan datang dari berbagai daerah yang khususnya memiliki kesenian dan aksesoris menarik. Bahkan pihak panitia memastikan bahwa barang-barang yang dijual di acara ini, tidak akan ditemui di mal-mal atau pusat perbelanjaan umum.

Di area Festival Kemang juga berlangsung atraksi kesenian tradisional Betawi, seperti tarian Betawi atau Samrah, semacam orkes Melayu ala Betawi. Bukan hanya itu, anak-anak pun bisa menikmati permainan-permainan yang tersedia seperti memancing ikan plastik, ular tangga raksasa, atau melukis layang-layang.badar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama