Menteri Susi Berhasil Rayu Pengusaha Jepang Alihkan Pabrik ke Indonesia

Menteri KKP Susi Pudjiastuti bersama pengusaha Jepang 
JAKARTA (wartamerdeka.net)  - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, yang baru pulang dari kunjungannya ke Tokyo, Jepang membawa oleh-oleh menarik untuk Indonesia.


Di Negeri Sakura, Susi melakukan pertemuan dengan beberapa perusahaan perikanan. Dan dalam pertemuan tersebut, Susi berhasil merayu beberapa perusahaan perikanan Jepang untuk memindahkan pabriknya dari Thailand ke Indonesia.

Salah satu perusahaan perikanan Jepang yang telah berkomitmen memindahkan pabriknya ke Indonesia yakni Itochu Corporation. Selama ini keberadaan perusahaan tersebut hanya melelalui anak usahanya PT Aneka Tuna Indonesia.

"Ini berita luar biasa membahagiakan kita. Beberapa perusaahan akan relokasi dari Thailand ke Indonesia, yang sudah confirm itu adalah Itochu. Mereka akan pindahkan, prosesinya dari Thailand ke Indonesia," tuturnya di Gedung KKP, Jakarta, Jumat (25/8/2017).

Sayangnya, masih ada kendala bagi perusahaan perikanan yang ada di Indonesia. Pemerintah Jepang mengenakan bea impor atas produk perikanan dari Indonesia sebesar 7%, sementara dari Thailand dibebaskan.

"PR kita masih ada, ternyata produk pengolahan ikan itu kalau dari Thailand ke Jepang impor tarifnya nol, tapi dari Indonesia kena 7% rata-rata. Jadi mereka minta ke pemerintahnya sendiri untuk di nol kan karena kalau tidak nanti dari Indonesia lebih berat, berkurang keuntungannya 7%," imbuhnya.

Kendati begitu, menurut Susi hadirnya Itochu Corporation di Indonesia cukup serius. Perusahaan tersebut ingin mengembangkan saya bisnis anak usahanya secara masif di Indonesia.

"Mereka akan memperkuat cabang anak usahanya di sini, untuk lebih besarkan dan bahkan mereka targetkan pasarnya juga di Indonesia. Karena mereka merasakan Jepang penduduknya berkurang, jadi konsumsi produk ikan menurun. Di Indonesia orangnya tambah tentu kebutuhannya juga semakin bertambah," tandasnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama