Kondisi Rusak, Sejumlah Rumah di Desa Panulisan Barat Dibongkar Total

Program Rehab Rumah oleh Satgas TMMD Sengkuyung II Kodim 0703/Cilacap



CILACAP (wartamerdeka.info) - Sebanyak 16 rumah yang akan direhab oleh Satgas TMMD Sengkuyung II Kodim 0703/Cilacap satu persatu mulai diselesaikan. Kini giliran rumah milik Ibu Inah (58) warga RT 03 RW 11 Dusun Peundeuy Desa Panulisan Barat Kecamatan Dayaehluhur mulai dibongkar TNI, Kamis (19/7/2018).


Kondisi rumah yang sudah rusak, membuat Satgas TMMD harus membongkar total. Rumah milik Inah ini hanya berdinding anyaman bambu dan kayu sebagai penopang dinding dan gentengnya, itupun juga sudah lapuk dimakan rayap sehingga untuk perehabannya pun harus diganti secara total.

Anggota Satgas TMMD Koptu Baharudin mengatakan, kondisi rumah milik Inah ini memang layak untuk direhab karena kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

"Rumahnya memang layak di bongkar, untung ada tetangga yang menyumbangkan kayunya untuk mengganti semua kayu rumah milik Ibu Inah. Sehingga saat ini juga, kita bersama warga bisa segera digarap pembuatan kerangka rumahnya," jelas Koptu Baharudin.

Sementara itu menurut Kadus Peundeuy Sukarman, ada lima rumah yang ada di dusunnya yang akan direhab oleh TNI. Kondisi semuanya sangat memprihatinkan.

"Melalui program TMMD Sengkuyung II Kodim 0703/Cilacap yang salah satunya ada sasaran perehaban rumah tidak layak huni, saya mempunyai harapan mereka mempunyai rumah yang layak, " ungkap Sukarman.


Dijelaskan kembali oleh Sukarman, Inah sendiri merupakan seorang janda dan hanya mempunyai anak satu yang sedang merantau di Jakarta. Untuk makan sehari-harinya Inah mengandalkan kiriman dari anaknya, sehingga untuk merehab rumahnya tersebut tidak mampu. "Saya bersyukur melalui program TMMD ini kondisi rumah seperti milik Ibu Inah ini jadi layak untuk dihuni," kata Kadus Sukarman mewakili warganya.

Agus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama