Satgas Yonif 754 Kostrad Laksanakan Pelayanan Kesehatan di Pemukiman Suku Sem Sagar Asmat


TIMIKA (wartamerdeka.info) - Kesehatan yang baik tidak hanya menjadi dambaan bagi masyarakat yang ada di kota-kota besar, namun juga menjadi dambaan bagi seluruh masyarakat yang ada di muka bumi ini termasuk masyarakat yang ada di pemukiman Suku Sem Sagar. Seperti kita ketahui bersama bahwa beberapa waktu yang lalu, di wilayah Asmat sempat terjadi krisis kesehatan.

Sebagai bentuk konsistensi terhadap masalah kesehatan warga di perbatasan, personel kesehatan Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 754/ENK/20/3 Kostrad, Jumat (13/12/2019) melaksanakan pelayanan kesehatan secara door to door ke rumah-rumah warga Suku Sem Sagar dalam rangka meningkatkan kualitas dan kesadaran masyarakat pada kesehatan.

Dansatgas Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad Letkol Inf Dodi Nur Hidayat mengatakan bahwa Sem Sagar merupakan salah satu suku yang ada di wilayah Kampung Agats, Distik Agats, Kabupaten Asmat, Papua.

“Kita tau apa yang pernah terjadi di Asmat dan itu merupakan duka bagi kita semuanya, sehingga sudah menjadi kewajiban bagi kita (satgas) untuk membantunya, agar mereka senantiasa hidup sehat,” ungkapnya.

“Kegiatan sosialisasi dan pelayanan kesehatan secara door to door yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Satgas Yonif 754/ENK/203 dipimpin Letda Inf Laksono yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Pos (Danpos) Kampung Agats beserta dua personel satgas yang memiliki kemampuan di bidang kesehatan yaitu Serda Ajwar dan Pratu Wahyu,” ujar Dansatgas.


Menurut Letkol Inf Dodi Nur Hidayat, pelaksanaan pelayanan kesehatan ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Satgas Yonif 754/ENK/20/3 Kosrad untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat di tempat penugasan.

“Kewajiban Satgas melalui Pos-Pos terdekat yang mendatangi rumah warga untuk memberikan layanan kesehatan langsung kepada warga,” katanya.

Ricky salah satu masyarakat Suku Sem Sagar menyampaikan bahwa dirinya merasa senang dengan kegiatan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh personel Satgas Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad, sehingga dapat secara langsung membantu masalah kesehatan warga.

“Kami warga Suku Sem Sagar mengucapkan terima kasih atas kepedulian Bapak-bapak TNI yang sudah peduli dan mau membantu kami bersama keluarga kami untuk hidup sehat. Kami berharap bantuan dari Bapak-bapak TNI selalu datang kepada kami,” ucapnya. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama