Tiga Unit RHIB Perkuat Jajaran Zona Maritim Tengah Bakamla RI


MANADO (wartamerdeka.info) - Jajaran Zona Maritim Tengah Bakamla RI mendapat penguatan 3 unit sarana patroli laut jenis RHIB (Rigid Hulled Inflatable Boats), di Pangkalan Armada Kamla Zona Maritim Tengah, Manado, beberapa waktu lalu.

Selain untuk patroli perairan dangkal, RHIB merupakan sarpras laut yang digunakan untuk melakukan pengejaran dengan kecepatan tinggi. Unit ini diperuntukkan melakukan operasi di Zona Maritim Tengah yang dianggap rawan unsur keamanan dan keselamata laut (kamlamla). Daerah-daerah teraebut antara lain lintasan kapal dari dan ke Manado-Bitung, titik area wisata, dan lokasi lainnya yang rawan akan kecelakaan laut.

RHIB Bakamla RI ini memiliki spesifikasi teknis antara lain: panjang seluruhnya (L.O.A) 8,00 meter, panjang dalam (LWL) 6,60 meter, lebar (width) 2,65 meter, lebar dalam (WLW) 2,1 meter, dilengkapi dengan perangkat marine radio, radar + GPS + echosonder, life jacket, parasut signal, memiliki daya jelajah dengan kecepatan sampai ±30 knot, dan mampu mengangkut 11 personel.

Sebelum diserahkan, RHIB ini sudah melewati berbagai uji, seperti dock trial, sea trial, dan uji tembak kapal dengan senjata SS1 pada jarak 30 meter, 20 meter, dan 10 meter. 

Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Drs. Leonidas Braksan, M.M.  berharap, dengan kehadiran penambahan unsur patroli Bakamla RI, dalam hal ini Zona Maritim Tengah dapat optimal dalam mewujudkan keamanan dan keselamatan di wilayah kerja Zona Maritim Tengah.

Dengan semakin banyaknya unsur  patroli yang memperkuat jajaran Zona Maritim Tengah, diharapkan dapat membantu masyarakat pengguna laut dan Pemerintah Daerah setempat maupun instansi terkait dalam mengoptimalkan sumber daya kelautan.

Oleh karenanya diharapkan pula peran serta aktif masyarakat untuk turut menjaga laut dari berbagai bentuk aktifitas ilegal. Komunikasi personel Bakamla RI/IDNCG juga terbuka bahi masyarakat yang ingin melaporkan segala  bentuk kejadian yang mencurigakan di laut,  dengan demikian, kejadian dapat ditindaklanjuti untuk mewujudkan situasi aman di laut, dan mendukung upaya kesejahteraan masyarakat. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama