Serius Tangani Wabah Covid-19, Pemkab Gorontalo Kucurkan Dana Rp9 Miliar

Kepala Bappeda Kabupaten Gorontalo, Cokro Katili
LIMBOTO (wartamerdeka.info) - Pemerintah Kabupaten Gorontalo sangat serius menangani virus corona atau Covid-19. Ini ditunjukkan dengan dialokasikannya anggaran kurang lebih Rp9 miliyar lebih untuk penangan virus Corona ini.

Hal ini telah  dibahas dalam rapat melalui TAPD  dalam hal pergeseran anggaran di ruang Bupati Gorontalo, Senin (23/03/2020) kemarin.

Usai pertemuan, Kepala Bappeda Kabupaten Gorontalo, Cokro Katili membenarkan hal tersebut, menurutnya pemerintah baru saja membahas pergeseran anggaran untuk penanganan virus Covid-19.

"Kurang lebih ada Rp 9 Milyar lebih kita siapkan," tukas Cokro. Dia menyebutkan bahwa anggaran sebesar Rp 9 Milyar itu sendiri karena adanya permintaan khusus kesehatan di rumah Sakit dan Dinas Kesehatan.

Cokro juga merincikan bahwa alokasi anggaran tersebut bersumber dari tiga anggaran yang digeser, pertama melalui Dana Insentif Daerah (DID) bidang kesehatan.

"Permintaan dari Dinkes sudah diakomodir oleh Dinkes sendiri melalui DID Dinkes. Itu Rp5 milyar lebih. Berikut permintaan rumah sakit Rp3 milyar lebih dengan kita memaksimalkan DAK kesehatan," jelasnya.

Dia juga mengatakan bahwa berdasarkan aturan DAK untuk project fisik bisa digunakan peruntukannya apalagi untuk menangani Covid-19. "Tetapi mungkin tidak cukup utuh karena sudah ada paket pekerjaan yang sudah jalan, tinggal kemungkinan 1 lebih bisa," tukas Cokro.

Sedangkan dari DAK fisik ditambah dengan DAU Rp1,5 miliar ditambah ada beberapa kegiatan di OPD yang digeser untuk penanganan covid 1,5. " jadi semuanya sekitar Rp 9 M lebih, tutup Cokro. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama