Antisipasi Covid-19, Prajurit Wijayakusuma Ikuti Rapid Test


BANYUMAS (wartamerdeka.info) - Dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungannya, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., beserta Perwira Staf melaksanakan Rapid Test di Makorem, Senin (4/5/2020).

Pelaksanaan screening test ini bekerjasama dengan Rumah Sakit TK-III 04.04.01 Wijayakusuma Purwokerto.

Kolonel Dani menyampaikan, prosedur pemeriksaan ini merupakan screening awal apakah tubuh reaktif terhadap infeksi virus.
Dikatakan, pemeriksaan dengan Rapid Test dilakukan secara berkelanjutan kepada setiap prajurit, karena saat ini alatnya (Rapid Test) masih terbatas, sehingga diprioritaskan untuk para Perwira Staf Makorem. "Bila Rapid Test sudah tersedia dan cukup, nantinya juga diperuntukkan bagi seluruh prajurit", ujarnya.

“Untuk itu saya menekankan kepada seluruh personel agar selalu menerapkan protokol pencegahan Covid-19 secara disiplin termasuk kepada keluarganya, karena hal ini merupakan bentuk tanggung jawab kita bersama”, jelasnya.

Kapala Rumkit TK-III 04.04.01 Wijayakusuma Purwokerto Letkol Ckm dr. Markus Wibowo, Sp.OT., menyampaikan, Rapid Test adalah metode screening awal untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh bila ada paparan dari virus Corona/Covid 19. "Rapid Test adalah pemeriksaan screening atau penyaring, bukan untuk mendiagnosa infeksi Covid 19", terangnya.

Diakhir pemeriksaan, Danrem menyerahkan 20 stel Alat Pelindung Diri (APD) kepada Ka Rumkit Wijayakusuma.
"APD ini, sebagai perlengkapan standart tenaga kesehatan guna mengurangi resiko terpapar Covid-19 ketika berhubungan langsung dengan pasien, semoga bermanfaat," pungkasnya. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama