14 Unit Dukcapil Raih Anugerah Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi, Dirjen Zudan Arif Fakrulloh: Saya Bahagia Atas Capaian Ini

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh (tengah)

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Komitmen yang tinggi untuk mencegah tindak pidana korupsi di jajaran Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri akhirnya berbuah manis. 

Sebanyak 14 unit kerja di Dukcapil pusat dan daerah mendapat Anugerah Zona Integritas dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). 

Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh mengaku senang dan berbangga, karena 13 unit di jajaran Ditjen Dukcapil pusat dan daerah menerima penghargaan sebagai unit kerja pelayanan berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan 1 unit kerja menerima penghargaan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). 

"Saya sangat bangga dan bahagia atas capaian ini. 14 Unit kerja dukcapil sudah ditetapkan oleh KemenPAN-RB sebagai Zona Integritas. Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK atau WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan. Bagi unit kerja yang tahun ini belum berhasil, kita coba lagi di tahun 2021," kata Dirjen Zudan di Jakarta, Selasa (22/12/2020)

Ada pun dua unit kerja di Dukcapil pusat yang meraih WBK adalah Direktorat Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), dan Direktorat Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan (FPD2K).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo secara virtual kepada Direktur PIAK Erikson Manihuruk dan Direktur FPD2K, Ahmad Sudirman Tavipiyono di Hotel Fairmont Jakarta, Senin (21/12/2020).

Selain itu, 11 Dinas Dukcapil kabupaten/kota tak luput menerima penghargaan WBK. Ke-11 Disdukcapil kabupaten/kota itu masing-masing Kabupaten Buleleng, Cilacap, Grobogan, Gunung Kidul, Kudus, Bandung, Kota Bandung, Kota Banjarmasin, Kota Tegal, Kota Yogyakarta dan Sudin Kota Administrasi Jakarta Pusat Prov. DKI Jakarta

Sedangkan Dinas Dukcapil kabupaten/kota yang menerima penghargaan WBBM adalah Kabupaten Bantul.

Awalnya, sebanyak 3.691 unit kerja layanan diusulkan dalam Zona Integritas. Dari jumlah tersebut sebanyak 763 unit kerja mendapatkan predikat WBK serta WBBM. 

Sebagai upaya menjaga protokol kesehatan untuk mencegah kerumunan serta menghindari penularan wabah Covid-19, panitia membagi peserta yang diundang secara offline dan peserta yang diundang secara online melalui zoom meeting. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama