Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


PKK Kab Gorontalo Gelar Pelatihan SIM PKK

GORONTALO (wartamerdeka.info) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga ( TP-PKK), Kabupaten Gorontalo mengelar pelatihan Sistem Informasi Manajemen (SIM) bagi operator di tingkat Kecamatan dan desa. Kegiatan itu dilaksanakan bertepatan dengan pelantikan pengurus TP PKK Kabupaten Gorontalo, periode 2021- 2026, pekan kemarin bertempat di gedung Kasmat Lahay. 

Ketua TP- PKK, Dr. Fory Pomalingo Naway, mengatakan, pelatihan SIM PKK bagi operator Kecamatan desa merupakan program bersinergi. 

Kata Fory, kegiatan ini sempat tertunda gara -gara pandemi Covid-19. Tahun 2020, direncanakan dilaksanakan secara Virtual. Namun dirasa tidak jadi maksimal pelaksanaannya karena masih banyak desa yang tidak bisa diakses dengan internet. 

Sehingga, tahun 2021 PKK Gelar secara tatap muka dan dilaksanakan terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan.  


"Pelatihan SIM PKKK Wajib dilaksanakan untuk para operator. Ini merupakan suatu proses pengumpulan data secara sistimatis sehingga menghasilkan suatu informasi sebagai dasar dalam proses pengambilan keputusan. 

Karena itu dirinya berharap pelatihan SIM PKK mampu memberi data keberadaan dan kondisi masyarakat serta semua sarana dan prasarana yang ada secara cepat, tepat, akurat dan menyeluruh mulai dari tingkat Dasawisma, Desa/ Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi sampai sinergitasnya ke tingkat pusat.

"Penyediaan data inilah merupakan salah satu tugas Kader PKK yang ada ditingkat bawah. SIM PKK merupakan salah satu aplikasi terintegrasi dari pemerintah desa hingga Kabupaten dalam menerima Informasi yang akurat dari tingkat bawah," terang Fory Naway. 

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini yaitu agar  opeator PKK desa dan kecamatan yang merupakan sumber informasi dalam sistem informasi manajemen PKK ini dapat memahami apa dan bagaimana SIM PKK itu sendiri. 

Ia berharap melalui pelatihan SIM PKK, permasalahan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat bisa disampaikan secara tepat dan akurat kepada pemerintah, sehingga bisa diselesaikan secara terintegrasi oleh OPD terkait.

"Tujuannya disamping untuk meningkatkan kualitas Kader PKK dalam pengetahuan dan ketrampilan pengambilan data, pelatihan SIM PKK ini bertujuan untuk Menjalin silaturahim antar sesama Pengurus dan Kader PKK serta operator untuk dapat saling memberikan informasi dan berbagi pengalaman serta memberikan motivasi dalam pelaksanaan tugas guna mencapai hasil yang optimal,” ujar Fory Naway. (Ar/Ir)

Posting Komentar untuk "PKK Kab Gorontalo Gelar Pelatihan SIM PKK"