Tinjau Sirkuit Mandalika Bersama Dorna dan FIM, Bamsoet: Mandalika Siap Gelar MotoGP Dan World Super Bike, Pembangunan Capai 70 Persen

LOMBOK (wartamerdeka.info) - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo meninjau kondisi lintasan Sirkuit Mandalika yang sedang mengerjakan pengaspalan lapisan pertama (AC Base) di beberapa ruas lintasan. Masih ada pekerjaan rumah melakukan pengaspalan lapisan kedua (AC Binder) hingga lapisan terakhir (surface SMA). Secara keseluruhan, progres pembangunan kawasan Sirkuit Mandalika sudah mencapai 70 persen. 

Sebelumnya, Safety Officer The Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) Franco Uncini, Managing Director Dorna Sports Carlos Ezpeleta, dan Dorna Race Direction Loris Capirossi, juga telah meninjau Sirkuit Mandalika. Melakukan technical walk of circuit (pre-homologation). 

"Seluruh proses pengerjaan lintasan sirkuit dilakukan secara cermat, teliti, dan berstandar tinggi. Didukung panorama alam di kawasan sirkuit yang sangat eksotis, dikelilingi bukit dan juga pantai. Tak heran jika pihak FIM dan Dorna Sports sampai mengacungkan dua jempol saat melihat langsung keindahan kawasan Sirkuit Mandalika. Bahkan Managing Director Dorna Sports, Carlos Ezpelete, sampai menyatakan, Welcome to Lombok; House of MotoGP Indonesia," ujar Bamsoet usai meninjau kondisi lintasan Sirkuit Mandalika, di Lombok, Rabu (7/4/21). 

Turut hadir Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, dan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer. 

Hadir pula jajaran Mandalika Grand Prix Association (MGPA), antara lain Head Advisor Prasetyo Edi Marsudi yang juga Pembina IMI Pusat sekaligus Ketua DPRD DKI Jakarta, CEO Ricky Baheramsjah, dan Chief Strategic Communication Officer Happy Harinto. Sementara pengurus IMI Pusat yang hadir antara lain Wakil Ketua Umum Internasional dan Event Judiarto, Komunikasi dan Media Sosial Hasby Zamri, Hubungan Antar Lembaga Andrys Ronaldi, dan Komisi Sosial George Alexander. 

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, panjang lintasan Sirkuit Mandalika mencapai 4,31 Km, memiliki 17 tikungan. Paddock area sirkuit sanggup menaungi 40 garasi. Kapasitas grand stand seating mencapai lebih dari 50.000 tempat duduk, sementara non-seated area (tribun berdiri) sanggup menampung 138.000 orang. 

"Penonton juga bisa menyaksikan balapan dari hospitality suites yang direncanakan berkapasitas 7.700 penonton. Seluruhnya dikerjakan dengan sangat serius dan penuh ketelitian. Demi memberikan kenyamanan dan pengalaman berkesan bagi pembalap, crew, hingga turis yang datang ke Lombok," jelas Bamsoet. 

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia ini optimis pembangunan kawasan Sirkuit Mandalika selesai pada kuartal II hingga III 2021. Serta bisa segera lulus homologasi dari FIM pada bulan Juni atau Juli 2021. 

"Agar lulus homologasi, ada beberapa aspek teknis yang akan dinilai. Antara lain trek sirkuit, pit and paddock, race control, rumah sakit khusus beserta tenaga dokter, tenaga marshal terlatih, dan masih banyak lagi. IMI akan membantu sepenuhnya, khususnya dalam pelatihan marshal," pungkas Bamsoet. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama