Pemkab Lamongan Gelar Peringatan Tahun Baru Hijriyah Secara Virtual

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Muharram adalah bulan mulia dalam Islam, bulan dimana Nabi Adam AS diciptakan oleh Allah SWT. Salah satu keistimewaan yang dimiliki bulan Muharram adalah Allah memerintah Malaikat untuk mencatat takdir manusia dalam setahun kedepan. Oleh karena itu, hari ini adalah waktu yang tepat untuk beribadah dan berdoa sesuai dengan ajaran Al-quran.

Hal itu disampaikan Gus Murabi dalam Renungan Muharram pada acara Detik-Detik Pergantian Tahun Baru Hijriah di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, sore ini (9/8/2021). 

“Amalan doa yang patut diamalkan pada bulan Muharram adalah ayat kursi, yang bermakna tentang keesaan Allah serta kekuasaan Allah yang mutlak atas segala sesuatu dan bahwa Ia tidak kesulitan sedikitpun dalam memeliharanya. Kita dapat mengamalkannya dalam jumlah hari dalam satu tahun sebanyak 360 kali atau paling sedikit 21 kali dalam satu hari ini untuk mengawali bulan muharram,” jelasnya.


Dalam acara ini, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi mengungkapkan harapan-harapannya untuk Kabupaten Lamongan kedepan.

“Meskipun kita masih dalam suasana pandemic covid19, mudah-mudahan di tahun-tahun ke depan  dapat menyongsong Lamongan menuju kejayaannya, Lamongan yang teduh, nyaman bagi siapa saja yang tinggal disini. Dan tentunya momen ini sebagai momen evaluasi dan motivasi bagi kita untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dalam bimbingan dan ridho Allah SWT,” harapnya.

Detik-detik Pergantian Tahun Hijriah 1 Muharram 1443 Hijirah yang dilaksanakan tepat pada pukul 17:32:12 WIB bertepatan dengan 10 Agustus 2021 Masehi ini ditandai dengan menabuh rebana oleh Bupati Pak Yes, Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda yang sebelumnya doa awal tahun oleh Ketua MUI Kyai Aziz Khoiri.

Acara yang berlangsung tidak lebih dari 30 menit ini diikuti secara virtual oleh seluruh Kantor Kecamatan serta Masjid dan Mushala di seluruh penjuru Kabupaten Lamongan.(Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama