Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 


 


Live Celebes TV, Bupati Barru Kupas Tuntas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Barru

MAKASSAR (wartamerdeka.info) -Tampil menjadi narasumber dalam talkshow Celebes Virtual Business Week (CVBW) 2021 Session 2 yang digelar di Function Room (FR) Menara Bosowa, Makassar,  Rabu 1/9/2021, Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh. M. Si, mengupas tuntas cara penanganan Covid-19 di kabupaten Barru. 

Pada acara yang mengangkat tema  "Cara Barru Lawan Corona Dengan Germas"' yang ditayangkan, secara live Celebes TV yang dipandu Andi Suruji, Bupati Barru Suardi Saleh memaparkan berbagai upaya yang dilakukan untuk penanganan sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Diakui Bupati,  posisi Kabupaten Barru merupakan salah satu daerah lintasan yang resiko keterpaparan Covid-19 cukup tinggi. Namun demikian, melalui berbagai upaya termasuk dengan menggalakkan Gerakan masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tingkat keterpaparan dapat kita tekan hingga titik paling rendah. 

Dikatakan, sejak dua tahun lalu Covid-19 oleh WHO dinyatakan sebagai Pandemi hingga hari ke 592 hari, Pemerintah Kabupaten Barru melalui Satgas Covid- 19 terus berupaya memaksimalkan pemutusan mata rantai penyebaran Covid 19

"Yang membedakan, kita libatkan seluruh stakeholder seperti Palang Merah, Baznas,dan Pemuka Agama dan Wartawan serta LSM.  Kami sangat yakin kalau hanya pemerintah tidak bisa maksimal, karena yang dibutuhkan adalah kesadaran masyarakat kita sendiri," terang Suardi

Saat ini,  Pemerinyah Kabupaten juga telah menyiapkan rumah isolasi. Bangunan milik Pemda seperti Bola Sobae dan Bola Pitue kita siapkan sebagai ruang isolasi. Bola Sobae ada 18 ruang dan Bola Pitue ada 7 kamar. Tapi alhamdulillah tidak pernah full,

Selain itu, untuk memudahkan koordinasi Pemkab Barru membentuk Posko terpadu yang dilengkapi pusat vaksin dan rapid test, termasuk pelayanan perizinan kepada masyarakat.

"Saya bersyukur sejak 2017 kami launching namanya Germas. Ini sangat membantu sekali, Germas adalah gerakan memasyarakatkan hidup sehat sekaligus juga mengedukasi masyarakat untuk meninggalkan cara-cara kurang sehat," jelas Suardi Saleh.

Meski kasus positif Covid-19 relatif rendah, Pemkab Barru tetap mengantisipasi kondisi terburuk dengan menyiapkan 34 ruang isolasi di rumah sakit, yang dilengkapi tenaga kesehatan, peralatan medis, serta kesiapan lainnya . 

Ia berharap masyarakat jangan terlena dan Pemerintah terus berupaya melakukan langkah termasuk edukasi secara terus menerus untuk menekan laju penyebaran Covid-19 dan alhamdulillah data perhari ini  total kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tinggal 57 kasus dan berharap akan segera kembali zero seperti bulan sebelumnya. (syam)

Posting Komentar untuk "Live Celebes TV, Bupati Barru Kupas Tuntas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Barru"