Di Lamongan, 116 Orang Tua Hebat Lulus Sekolah

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) kabupaten Lamongan telah meluluskan sebanyak 116 orang tua sejak bulan Juni 2021 angkatan pertama. 

Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Arumi Bachsin mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ibu-ibu, siswa lulusan SOTH Kabupaten Lamongan, Jumat (26/11) di Gedung Lestari Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur.

“Saya mengucapkan rasa bangga kepada ibu-ibu yang telah mau memberikan waktu, tenaga, pikiran, keseriusan, komitmennya untuk menyelesaikan SOTH. Bagi saya semua orang tua, ibu dan ayah adalah orang tua hebat, tapi mengapa kita merasa perlu ada SOTH ini?  untuk mengelola insting menjadi orang tua yang sudah dikaruniai Tuhan dipadukan dengan teori tentang parenting yang terstruktur hasilnya menjadi paripurna,” tutur Arumi Bachsin.

Menurut dia, keberadaan SOTH dapat menyeragamkan sistem parenting, sehingga orang tua memiliki referensi dalam pola pengasuhan dan tidak menjadikan anak sebagai trial eror.

“Saya pikir, pola pengasuhan yang saya lakukan 7 tahun lalu (anak pertama) sudah baik. Ternyata setelah banyaknya membaca, referensi parenting, teori-teori hasil penelitian ternyata masih kurang. Seharusnya SOTH ini sudah harus ada 7 tahun lalu. SOTH ini luar biasa,” imbuhnya.

Kepada seluruh peserta SOTH Kabupaten Lamongan yang telah lulus, Arumi berharap agar tetap terus menerapkan pembelajaran dan menyebarluaskan ilmu-ilmu pengasuhan yang telah didapatkan sebagai Orang Tua Balita penerus Bangsa Indonesia.

Arumi juga berharap kepada Pemkab Lamongan agar terus mendukung program SOTH sebagai bentuk komitmen dalam mempersiapkan generasi berkualitas.

Bupati Yuhronur Efendi hadir bersama Ketua TP PKK Lamongan Anis Yes mengatakan bahwa telah memasukkan program ini pada anggaran tahun 2022 sebagai bentuk pengembangan kegiatan SOTH agar terus berjalan dan memberi kemanfaatan berkelanjutan bagi generasi emas Lamongan.

“Mengingat program ini sangat bermanfaat, Pemkab Lamongan akan terus mendukung, dan sudah dimasukkan pada tahun anggaran 2022 ,” kata Bupati Pak Yes.

SOTH adalah program unggulan yang digagas BKKBN Jawa Timur untuk mencetak orang tua cerdas dan terampil dalam mengasuh anak. Sebagai pilot project  SOTH di Kabupaten Lamongan, dipilih 5 Kecamatan diantaranya Lamongan, Sukodadi, Kalitengah, Kembangbahu Dan Sarirejo dengan didampingi oleh tenaga professional dari akademisi.(Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama