Tanggul Jebol, Kali Plalangan Meluap

LAMONGAN (wartamerdeka.info) - Bersama Dinas PU Sumber Daya Air Bupati Yuhronur Efendi melihat luapan Kali Plalangan Kecamatan Turi, Jumat (5/11/2021).

Akibat tanggul jebol sepanjang 3 meter dan 7 titik sleding di area yang berdekatan di wilayah Desa Tambakploso Kecamatan Turi.

Saat sidak  Bupati memerintahkan agar segera dilakukan tanggap darurat penanggulangan banjir.

“Saya memerintahkan kepada OPD terkait khususnya BPBD dan Dinas PU SDA agar segera melakukan langkah cepat tanggap darurat banjir,” ungkap Pak Yes.

Pada kesempatan yang sama, kepala dinas PU SDA, M.Jupri mengatakan sebelumnya telah dilakukan perbaikan tanggul Kali Plalangan di titik desa Pomahanjannggan dan di desa Bambang, begitu pula di titik desa Balun.

Selain terjadi luapan air di Kali Plalangan, juga terjadi banjir di desa Sendangrejo Kecamatan Ngimbang dan desa Kalitengah Kecamatan Sugio mengakibatkan 36 rumah warga terdampak. Tak hanya itu, sepanjang 40 meter jalan poros desa Kalitengah juga mengalami rusak parah.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD telah terjun ke lapangan sesaat setelah kejadian untuk melakukan koordinasi dan kaji cepat di lokasi banjir untuk mengantisipsi banjir susulan dengan membersihkan aliran sungai yang bermuara ke Waduk Gondang Kecamatan Sugio.

Selain melakukan sidak, pada kesempatan yang sama juga diberikan bantuan logistik serta bantuan pasca banjir.

“Berdasarkan data BMKG, potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan oleh karena itu harus tetap ditingktkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” pesan Pak Yes.(Mas)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama