Tim Sains 10 Perguruan Tinggi Tandatangani MoA di Universitas Mpu Tantular

Para anggota Tim Sains 10 Perguruan Tinggi bersama Warek I Bid. Akademik, Drs. Bambang Rismadi, M.Si., Ak., CA di kampus Universitas Mpu Tantular, Jakarta (16/11/2021)

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Sepuluh institusi yang menamakan dirinya Tim Sains 10 Perguruan Tinggi dalam bidang Sains dan Teknik, melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) di kampus Universitas Mpu Tantular, Jakarta Timur, Selasa (16/11/2021) sore.

Penandatanganan MoA tersebut dimaksudkan untuk kerjasama penyelenggaraan Web Seminar Nasional Ketekniksipilan, Infrastruktur dan Industri Jasa Konstruksi (KIIJK) selama dalam setahun ke depan, mulai dari Nopember 2021 hingga tahun 2022. Ke sepuluh perguruan tinggi tersebut berasal dari berbagai provinsi di Indonesia, baik perguruan tinggi Swasta maupun Negeri.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Penandatanganan MoA, Dr. Idi Namara, ST., MT dari Universitas Tanri Abeng (Jakarta) menjelaskan beberapa alasan terbentuknya kelompok sains dan teknologi ini, dan kemudian memperkenalkan para penanggungjawab kerjasama dari masing-masing institusi.   

Adapun Tim Sains 10 Perguruan Tinggi tersebut (berikut para penanggungjawab kerjasama dari masing-masing perguruan tinggi) itu adalah: 

1. Dekan Fakultas Teknik & Sains, Universitas Ibnu Khaldun, Bogor, Jawa Barat (Dr. Ir. H. Muhammad Nanang P, M.Sc); 

2. Dekan Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah (Prof. Dr. Eng Suroso, ST., M.Eng);

3. Dekan Fakultas Teknik, Universitas Semarang, Jawa Tengah (Dr. Nur Qudus, MT., IPM);

4. Dekan Fakultas Teknik, Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Jawa Barat (Dr. Yosafat Aji Pranata, ST., MT);

5. Direktur Pasca Sarjana, Universitas Sangga Buana YPKP, Bandung, Jawa Barat (Dr. Drs. H. Vip Paramarta, MM., CFrA);

6. Dekan School of Enginering & Technology, Tanri Abeng University, DKI Jakarta (Dr. Nur Afny Catur A, S.Si., M.Sc);

7. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Institut Sains dan Tknologi Al-Kamal, DKI Jakarta (Apt. Drs. Muhammad Sadikin, MM);

8. Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Mpu Tantular, DKI Jakarta (Dr. (Cand). Drs. Ir. Edison Hatoguan Manurung, MM., MT., MH., IICD., CST, BFA, CSE);

9. Dekan Fakultas Teknik Universitas Batanghari, Jambi (Dr. Ir. Fakhrul Rozi, Yamali, ME);

10. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Universtas Pelita Harapan, Banten (Eric Jobiliong, Ph.D)      

Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Mpu Tantular, Drs. Bambang Rismadi, M.Si., Ak., CA, saat membuka acara secara resmi penandatanganan MoA

Dekan Fakultas Teknik Universitas Mpu Tantular, Ir. Retno Indriyati Kusuma W, MM memberikan sambutannya sebagai tuan rumah. Retno mengatakan, sangat berterimakasih kepada pak Edison Manurung, yang turut membuka peluang kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi dari berbagai provinsi di Indonesia, dan menyambut seluruh para personil kerjasama MoA. 

Sementara itu, Rektor Universitas Mpu Tantular, Prof. Dr. Sukrisno Agoes, SE., Ak., MM., CPA., CA yang sedianya membuka acara secara resmi, diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Drs. Bambang Rismadi, M.Si., Ak., CA mengatakan, sangat menyambut hangat adanya gagasan Tim Sains 10 Perguruan Tinggi ini.

“Kami dari Universitas Mpu Tantular sangat menyambut baik adanya gagasan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, baik Swasta maupun Negeri. Kami berharap, dengan adanya MoA ini, dapat mewujudkan pengembangan bidang sains dan teknik sipil, melalui Webinar-webinar Nasional, maupun dalam berbagai kegiatan ilmiah lainnya,” ujar Bambang dalam sambutannya, Selasa (16/11/2021) di Ruang Tiopan lantai 7, Kampus Bhinneka Tunggal Ika, Universitas Mpu Tantular, Cipinang, Jakarta Timur. 

Menurut Bambang, ada khikmah yang dapat dipetik dunia pendidikan dari adanya pandemi Covid-19, yang justru memungkinkan banyak pihak tergabung dalam Webinar-webinar yang diselenggarakan secara bersama seperti tujuan MoA ini. 

“Di sisi lain, dengan adanya Covid-19, ada hikmah yang dapat kita petik, yaitu makin banyaknya kerjasama melalui webinar-webinar semacam ini, dalam rangka tetap mengembangkan keilmiahan kita di perguruan tinggi. Termasuk juga nantinya yang mungkin dilakukan dalam hal penelitian, dan motivasi pelatihan penulisan di jurnal ilmiah Nasional maupun Internasional,” tandasnya.   

Setelah itu, dilakukan penandatanganan MoA, dari masing-masing perguruan tinggi, oleh para penanggungjawab kerjasama. Diketahui, tanggal 27 Nopember 2021 mendatang, akan mulai diselenggarakan Webinar Nasional perdana, yang akan digawangi atau yang menjadi Host adalah Universitas Ibnu Khaldun Bogor bersama BPN Ataknas, LPJK dan PUPR.

Acara yang dipandu MC, Serepina Tiurmaida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom, yang juga Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mpu Tantular berjalan lancar. Acara juga dihadiri, Kaprodi KPNK Fakultas Ekonomi, Danny PH Siagian, SE., MM, dan Ir. Witardi Gondo Warsito, ST, M.Kom, Dosen Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Mpu Tantular. (DANS)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama