Misteri Wisata Air Terjun Curug Selampung Di Lampung Utara

LAMPUNG UTARA (wartamerdeka.info) - Kabupaten Lampung Utara (Lampura) yang merupakan salah satu kabupaten tertua di Provinsi Lampung,  memiliki banyak potensi sektor pariwisata.

Di bagian barat daerah kabupaten ini, misalnya, yang merupakan dataran tinggi perbukitan, banyak ditemukan potensi wisata air terjun. 

Kendati demikian, potensi-potensi tersebut belum maksimal dalam pengelolaannya. Hal itu terkendala akibat kurangnya sentuhan yang serius dari instansi terkait. 

Seperti halnya Air Terjun Curug Selampung yang terletak di Desa Gunung Betuah, Kecamatan Abung Barat, kabupaten setempat. 

Curug ini ditemukan pada tahun 1970 dan nama Curug Selampung merupakan nama sesepuh Desa gunung betuah yang kemudian diadopsi menjadi nama air terjun. 

Curug selampung sempat ramai pada massanya, namun, perlahan eksistensinya meredup bahkan tutup karena sulitnya akses untuk mencapai lokasi air terjun.

Kemudian  tangga turun hancur dan banyak juga area sekitar yang longsor menyebabkan curug selampung terbengkalai tidak terawat selama bertahun-tahun.

Jika dilihat secara umum, infrastruktur yang menjadi hambatan terbesar serta minimnya fasilitas umum sehingga membuat minat pengunjung wisata berkurang. 

Kepala Desa Gunung Betuah, Murni, mengatakan sulitnya akses turun ke lokasi air terjun yang saat ini masih menggunakan tangga dari kayu yang dibuat oleh masyarakat.

Kondisinya belum  memadai dan masih banyak yang harus diperbaiki seperti pembersihan kayu-kayu yang roboh akibat tanah yang longsor dan belum ada tempat untuk mengganti pakaian (WC) bagi wisata yang ingin mandi atau bermain di curug selampung. 

"Dengan peralatan seadanya, Allhamdulilah setelah kami perbaiki akses dengan bergotong royong bersama warga setiap hari Sabtu dan Minggu, kini sudah mulai berdatangan pengunjung walaupun hanya 2 sampai 5 orang," ungkap Murni saat ditemui awak media di lokasi air terjun, Selasa (20/9/2022). 

Untuk itu, Kepala Desa dan masyarakat meminta agar Pemerintah Daerah dan provinsi Lampung maupun pemerintah pusat untuk melihat dan ikut berpartisipasi untuk wisata air terjun Curug Selampung dan lebih perhatian lagi sehingga menjadi salah satu wisata yang layak serta aman bagi masyarakat setempat dan pengunjung dari luar daerah. 

"Kami berharap kepada pemerintah pusat dan daerah agar membantu pengelolaan potensi wisata yang ada di Desa Bunung Betuah supaya masyarakat sekitar dapat merasakan manfaat dan semoga curug selampung bisa menjadi rekomendasi pariwisata air terjun yang ada di Provinsi Lampung," pungkasnya.(yoke)

Posting Komentar untuk "Misteri Wisata Air Terjun Curug Selampung Di Lampung Utara"