Iklan

 


Iklan

 


,

MENU

Iklan

 


LPB MUI Gandeng Indonesia Care dan MDMC Dirikan Masjid Darurat di Cianjur

Minggu, November 27, 2022, November 27, 2022 WIB Last Updated 2022-11-27T01:46:50Z

CIANJUR (wartamerdeka.info) - Lembaga Penanggulangan Bencana Majelis Ulama Indonesia (LPB MUI) menggandeng lembaga kemanusiaan Indonesia Care dan MDMC membentuk masjid darurat di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pembentukan masjid darurat sebagai fasilitas bagi masyarakat pengungsi untuk menunaikan ibadah salat.

"Alhamdulillah tanggal 24 November kami mendapatkan amanah tersebut, hari ini masjid darurat Khadimul Ummah sudah berdiri dan siap difungsikan," ujar direktur eksekutif Indonesia Care, Lukman Azis di lokasi Kampung Gunung, Cugenang, Cianjur, Ahad (27/11/2022).

Lukman menjelaskan bahwa pembentukan masjid darurat bukan hanya untuk ibadah salat warga, namun sekaligus menjadi posko dapur umum dan logistik kolaborasi tiga lembaga. Di antaranya LPB MUI, Indonesia Care dan MDMC.

Sekretaris LPB MUI, Ahmad Baidun mengatakan pembangunan masjid darurat juga didukung oleh Kodam Udaya Bali perwakilan Jakarta dalam hal transportasi. LPB MUI juga mengadakan pelayanan medis dan kegiatan psikososial bagi korban terdampak gempa.

"Sejumlah relawan medis LPB MUI dari Indonesia Care dan MDMC juga terlibat dalam pelayanan medis yang dilakukan secara mobile. LPB MUI juga menurunkan satu unit ambulans prehospital dan ambulan biasa ke Cianjur untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan," kata Ahmad Baidun.

Baidun turut menjelaskan ambulans prehospital milik LPB MUI tersebut memiliki fasilitas lengkap. Mulai dari oksigen, pacu jantung dan peralatan penunjang tindakan operasi kecil dalam kendaraan.

"LPB MUI berharap masjid darurat bisa memperkuat dan menjaga akidah umat serta dapat membantu warga terdampak secara spiritual," tutur Baidun.

Sebagai informasi, sejumlah pimpinan MUI, termasuk Ketua LPB MUI Prof Ja'far Hafsah dikabarkan akan meninjau masjid darurat dan kegiatan kolaborasi tiga lembaga lainnya pada Ahad (27/11). (M)

Iklan4

 


 


 


 


 


 


HEAD LINE

Survei Polmatrix: Tingkat Kepuasan Publik Terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi Capai 75,5 Persen

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Hasil survei Polmatrix menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Republik Indonesia ...