Iklan

 


Iklan

 


,

MENU

Iklan

 


Resmikan Gedung MDA DDI, Bupati Barru Berpesan: Pertahankan Ciri Khas Madrasah

Senin, Januari 16, 2023, Januari 16, 2023 WIB Last Updated 2023-01-16T05:20:42Z

BARRU (wartamerdeka.info) - Bupati Barru H. Suardi Saleh, mengatakan, Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) memiliki ciri khas keagamaan dalam penanaman nilai-nilai keislaman yang berdampak positif bagi perkembangan akhlak peserta didik (santri). 

Ciri khas ini perlu dikembangkan menjadi keunggulan madrasah agar generasi bangsa yang disiapkan memiliki keunggulan moral spritual keislaman disampin mental intelektual keilmuan. Ciri khas ini penting dipertahankan. 

Demikian Bupati Barru mengingatkan saat meresmikan gedung baru MDA DDI Lembae Kelurahan Coppo Kec Barru,  Senin (16/1/2023).

Bupati Suardi Saleh yang saat meresmikan gedung baru MDA DDI turut didampingi Pimpinan Ponpes DDI Mangkoso Anre Gurutta Prof. Dr. H. M Faried Wajedy, Lc. MA mengatakan, pengembangan sistem pendidikan pada MDA perlu dikembangkan serta terpadu dengan menempatkan nilai-nilai Islam sebagai semangat yang mendasari semua ikhtiar pendidikan.

Namun demikian kata Bupati,  tentu saja tidaklah sederhana, karena selain diperlukan kesungguhan dalam menata manajemen dan kurikulum pendidikan, juga dibutuhkan adanya kesadaran kolektif semua pihak akan pentingnya revitalisasi peran dan fungsi pendidikan keagamaan sebagai ciri khas madrasah.  

"Syukur Alhamdulillah kita bersama-sama menyaksikan peresmian gedung baru MDA yang selama ini kita impi-impikan. Ini dapat terlaksana tentu saja tidak terlepas dari kerja keras dan doa kita semua serta partisipasi dari berbagai pihak baik berupa pikiran, tenaga dan materi demi terwujudnya peresmian ini," ucapnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa Peresmian Gedung Baru MDA ini, merupakan wujud nyata perhatian pemerintah untuk dunia pendidikan dan umat Islam. Sebab keberadaan Madrasah pada hakekatnya merupakan wujud dari kesadaran keberagamaan masyarakat muslim terhadap pentingnya mempersiapkan generasi masa depan yang memiliki kompetensi dan pemahaman agama yang baik.

Dari sini katanya, dapat dipahami bahwa perkembangan Madrasah tergantung pada seberapa besar perhatian umat Islam sekitar dalam mendukung keberlangsungan Madrasah.

"Sebagai Pemerintah Kabupaten Barru dalam hal ini selalu mendorong perkembangan dan peningkatan mutu madrasah, sebagaimana telah dirintis oleh para Founding Father masa lalu, bahwa madrasah didirikan untuk memberikan kontribusi berarti bagi pembangunan bangsa, terutama dalam pembentukan karakter moral keislaman generasi muda," jelas Bupati dua periode ini

Bupati berharap,  kegiatan peresmian gedung baru MDA ini merupakan puncak dan hasil kerja yang telah dirintis selama ini. Oleh karena itu, kami sampaikan kepada seluruh jajaran Kementerian  Agama untuk memberikan pengawasan dan pendampingan bagi MDA kita ini, yang selanjutnya dengan berbagai upaya secara terus menerus mengambil langkah-langkah kebijakan agar arah pembinaan dan pengembangan MDA kedepan semakin meningkat dan dapat memenuhi harapan kita semua. 

"Melalui tempat ini,  saya menyampaikan bahwa MDA merupakan lembaga pendidikan yang memerlukan perhatian dan pembinaan dalam penegembangannya yang berkelanjutan,"  imbuhnya.

Dan lanjut dia,  ini tidak hanya menjadi tanggungjawab Kementererian Agama, tapi juga Pemerintah Daerah dan Masyarakat , karena memang peserta didik atau santri pada MDA ini adalah putra-putri daerah yang akan berperan dalam pembangunan daerah dimasa yang akan datang.

Untuk itu, sebagai Pemerintah Daerah mengapresiasi serta tidak tinggal diam dalam proses pembinaan mutu madrasah dalam hal ini MDA. 

"Atas nama pemerintah, kami sangat berbahagia dengan keberadaan MDA ini, karena memang Kabupaten Barru ini bisa besar dan dikenal, salah satu di antaranya karena Barru dikenal dengan Kota Santri," kata Bupati saat mengakhiri sambutannya. 

Turut hadir, mewakili Kepala Kantor Kemenag Barru Kasi P.D Pontren Dra.Mujenniati, Unsur Forkopimda, Anggota DPRD Barru Arifai Muin dari PDIP dan H.Mursalim Abdullah dari Nasdem, Kabag  Kesra Barru, Camat Barru, Danramil, Polsek Barru, Lurah Coppo dan Pemberi wakaf Kel.H.Syahabuddin, KUA Kec Barru, Pengurus dan Kepala Sekolah MDA  DDI Lembae.

(Humas IKP/Syam)

Iklan4

 


HEAD LINE

Survei Polmatrix: Tingkat Kepuasan Publik Terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi Capai 75,5 Persen

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Hasil survei Polmatrix menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Republik Indonesia ...