Bersih Dusun, Tradisi Nenek Moyang yang Tetap Dilestarikan

Banyak cara dilakukan warga Negara untuk merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 dikatikan dengan acara yang bermanfaat bagi lingkungan yaitu ungkapan syukur dengan melakukan kegiatan bersih dusun.

Adalah warga di lingkungan RW. 07, Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Acara perayaan kemerdekaannya menyajikan pagelaran Wayang Kulit dengan Dalang Ki Aditia Cahyo Baskoro.

“Ini dalam rangka Bersih Dusun yang sampai sekarang ini masih menjadi bagian budaya nenek moyang di dusun Rw. 07,” ujar Adi Santoso, Lurah Kelurahan Temas.

Santoso menambahkan, degan adanya kegiatan ini menjadi bukti persatuan dan kebersamaan warga sangat guyub, rukun dan semakin kuat. Pihaknya mengapresiasi adanya kegiatan bersih dusun yang setiap tahunnya semakin meningkat.

“Saya berharap tahun depan akan lebih meriah lagi dan meluas,” ujarnya.

Acara bersih dusun, lanjut Santoso, diharapkan kepada segenap warga tidak sekedar melestarikan tradisi leluhur, tetapi juga mengingat nasehat-nasehatnya. Ada banyak nasehat dari para leluhur yang harus tetap dipelajari dan di amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nampak warga Rw.07 antusias atas digelarnya Wayang Kulit, pada Minggu (27/8 2023)  "Ini merupakan tradisi turun temurun dan juga menjadi agenda kegiatan tahuan linkungan dusun rw 07 di Kelurahan Temas,” kata Ketua Rw.07, yang diwakili Kusnan.


Selain bersih dusun, lanjut Kusnan, pihaknya juga melakukan kegiatan social seperti santunan anak yatim.

“Suksesnya acara karena kerjasama antar rw dan rt serta warga lingkungan Rw.07,” kata Kusnan. (Hari)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama