Tokoh Pendidikan, Penjabat Bupati Harus Memiliki Segudang Pengalaman


Tak salah bila warga mengharapkan Ir. H. Abd. Waris Bestari, M.Si., sebagai figur pimpinan yang diyakini dapat memajukan daerahnya lantaran memiliki segudang pengalaman.

H. Abd. Waris Bestari, yang saat ini menduduki jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Provinsi Sulawesi Barat, juga pernah menjabat Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat selama 6 tahun. 

Figur Abd. Waris Bestari sangat familiar dan cukup mumpuni untuk memahami kondisi Pangan, Perkebunan maupun bidang lainnya di Provinsi Sulawesi Barat, apa lagi di Kabupaten Polewali Mandar yang merupakan kampung halamannya sendiri.

Pria kelahiran Polewali Mamasa (POLMAS), 1 Desember 1965 ini, dilantik pada 11 September 2019, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Perkebunan.

Ayahnya bernama Bestari, anak dari Puang Badillah Daeng Mannuba, lahir di Rea Timur Binuang Polewali Mandar, merupakan suku asli Pattae Sulawesi Barat. Sedangkan ibunya, asli Bugis Makassar Sulawesi Selatan.

Abd. Waris Bestari, mengawali kariernya pada Dinas Pekebunan Provinsi Kalimantan Barat. Lalu pindah ke Mamuju Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2001 di Bappeda, dan tahun 2002 dimutasi ke Dinas Perkebunan Kabupaten Mamuju.

Pada tahun 2006, dirinya pindah ke Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Barat, sebagai Kepala Bidang pada Badan Lingkungan Hidup. Pada tahun 2009 sampai 2013 Waris Bestari menjabat Kapala Bidang PLA, Dinas Perkebunan. Kemudian pada tahun 2013-2017 menjadi Kepala Bidang P2HP, dan tahun 2018 menjadi Kepala Bidang Produksi dan setelah itu menjadi Sekretaris Dinas. 

Selanjutnya menjadi Kepala Dinas Perkebunan tahun 2019. Kemudian menjadi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Sulawesi Barat pada tahun 2021 sampai saat ini. 

Suka duka Ia rasakan selama bekerja di perantauan. Satu hal yang membuatnya kuat, adalah advice dan motivasi dari Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Barat, kala itu Ir. Andi Ahmad Manggabarani, yang juga Putra Terbaik Kabupaten Polewali Mandar.

"Jangan cengeng," demikian ucap Ir. Andi Ahmad Manggabarani yang sampai saat ini dirinya masih diingatnya.

Abd. Waris Bestari bertahun-tahun merantau, hingga memiliki segudang pengalaman.

Anak pertama dari tujuh bersaudara ini, kemudian memilih untuk pulang dengan tulus dan ikhlas tiada lain hanyalah untuk membangun kampung halamannya, yaitu Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. 

Andi Ibrahim Masdar yang biasa disapa "AIM" sebagai Bupati Polewali Mandar berakhir pada Januari 2024 mendatang. AIM telah mantap menahkodai Kabupaten Polewali Mandar selama 2 periode. Dirinya dinilai mengukir segudang prestasi dalam dan luar negeri yang luar biasa selama masa kepemimpinannya

Untuk itu, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2023 Tentang Pejabat Gubernur, Pejabat Bupati, dan Pejabat Walikota.


Persyaratan Pj. Gubernur, Pj. Bupati, dan Pj. Wali Kota sebagaimana Pasal 3, diangkat dengan memenuhi persyaratan : 
a. mempunyai pengalaman dalam penyelenggaraan pemerintahan yang dibuktikan dengan riwayat jabatan;
b. pejabat ASN atau pejabat pada jabatan ASN tertentu yang menduduki JPT Madya di lingkungan Pemerintah Pusat atau di lingkungan Pemerintah Daerah bagi calon Pj. Gubernur dan menduduki JPT Pratama di lingkungan Pemerintah Pusat atau di lingkungan Pemerintah Daerah bagi calon Pj Bupati dan Pj Wali Kota;
c. penilaian kinerja pegawai atau dengan nama lain selama 3 (tiga) tahun terakhir paling sedikit mempunyai nilai baik;
d. tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin berat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan
e. sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari rumah sakit pemerintah.

Pemerintah akan menunjuk (Pj) Bupati Polewali Mandar untuk mengisi kekosongan jabatan sekitar satu tahun ke depan pada 2024. Kandidat Pj. Bupati Polewali Mandar yang ada dan memenuhi syarat tersebut, yaitu Ir. H. Abd. Waris Bestari, M.Si.

Menurut Sjahrir Tamsi, salah seorang Tokoh Pendidik Senior di Sulawesi Barat, yang juga adalah Putra Daerah Asal Polewali Mandar, bahwa Ir. H. Abd. Waris Bestari, M.Si. sangat pantas menjabat Bupati Polewali Mandar berdasarkan kapabilitas yang dimilikinya.

Ir. Abd. Waris Bestari, M. Si. ini memiliki pengalaman yang cukup, "Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Provinsi Sulawesi Barat, juga pernah menjabat Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat selama 6 tahun," ucap Sjahrir Tamsi, Tomakaka Jambu Cappa Bate Dara' Arajang Binuang Polewali Mandar, yang juga Kepala SMK Negeri 1 Tapalang Barat Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat.

Ditambah lagi, Abd. Waris Bestari punya pengalaman di Rantau Kalimantan Barat bersama Putra asli Kabupaten Polewali Mandar, yakni Ir. Andi Ahmad Manggabarani.

"Kami selaku Pendidik berharap banyak kepada Abd. Waris Bestari untuk dapat melanjutkan pembangunan di Kabupaten Polewali Mandar Jago," ujar Sjahrir yang dikenal sebagai Kepala sekolah senior di Provinsi Sulawesi Barat.

Sjahrir melanjutkan, semoga para pendidik dan tenaga kependidikan di Polewali Mandar Jago, juga makin sejahtera. Selaku salah satu dari 20 orang Tokoh Nasional yang menerima penghargaan sebagai Tokoh Pendidik, yang penuh inovasi dalam upaya memajukan dunia pendidikan kejuruan, di Hotel Orchardz Jayakarta, Kota Jakarta, 23 Februari 2023.

Data Diri : 
Nama : Abdul Waris Wahab
NIP : 19651201 199701 1 005
Pangkat : Pembina Utama Muda
Golongan ruang : IV /c
Tempat dan Tanggal Lahir: Polmas, 11 September 1965
Istri bernama : Hj. Astiah
Pendidikan Formal
1. SD Lantora Polmas sampai kelas II kemudian pindah ke Mamuju mengikuti orang tua.
2. SD 1 Tampotora Mamuju tahun 1976-1982
3. SMP 1 Mamuju tahun 1982-1985
4. SMA 1 Mamuju tahun 1985-1988
5. S1 Pertanian STIP Al-Gazali (Universitas Islam Makassar saat ini)
Pengalaman Organisasi
1. Kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)
2. Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)
3. Kader Nahdatul Ulama (NU)
4. Ketua HIMAGRO tahun 1986-1990.

(W. Masykar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama