Unsur Guru Menjadi Pelaksana Upacara Peringatan HGN Tingkat Provinsi Sulbar 2023

 

Sulbar, wartamerdeka.info, - Di Tingkat Provinsi Sulawesi Barat, Hari Guru Nasional diperingati di Lapangan Merah Putih. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Barat,  Dr. H. Mithhar, S.Pd. M.Pd. bertindak selaku Pembina Upacara. Upacara yang sama serentak dilaksanakan di 6 Kabupaten yakni Kabupaten Polewali Mandar, Mamasa, Majene, Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu.

Diperingati karena Guru adalah seorang tenaga pendidik profesional yang mendidik, mengajarkan suatu ilmu, membimbing, melatih, memberikan penilaian, serta melakukan evaluasi kepada peserta didik.
Guru juga adalah seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, mendidik, mengarahkan, dan melatih muridnya agar memahami ilmu pengetahuan yang diajarkannya tersebut.
Guru tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, tapi juga pedidikan lainnya dan bisa menjadi sosok yang "Diteladani" para Peserta Didiknya.

Siapa itu guru? Para ahli sepakat, pengertian guru adalah tenaga profesional yang berperan penting dalam proses belajar mengajar di dunia pendidikan.
Tak hanya membantu proses belajar di dunia akademik, peranan guru adalah inspirator, informator, organisator, motivator, hingga evaluator.
Peran guru dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia memang sungguh besar dan sangat menentukan. 

Guru dengan ilmu yang dibagikannya menjadi sosok pelita bagi para peserta didiknya yang tengah "haus" ilmu pengetahuan sebagai bekal di masa depan mereka.

Guru selalu dipuji, terukir pula namanya sebagai prasasti dalam sanubari, pelita dalam kegelapan dan laksana embun penyejuk dalam kehausan. Seperti itulah lirik lagu Hymne Guru.

Hadir Forkopimda, Kepala OPD Provinsi Sulawesi Barat dan Kepala UPTD SMKN 1 Tapalang Barat, Drs. Sjahrir Tamsi, M.Pd. menggunakan uniform kebesarannya yaitu Pakaian Adat Daerah Selaku Tomakaka Jambu Arajang Binuang Mandar.
Usai upacara Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah menyerahkan Paket Bantuan kepada sejumlah Anak Tidak Sekolah (ATS) yang Kembali Bersekolah di semua jenjang satuan pendidikan.

Adapun Unsur Guru yang menjadi pelaksana Upacara HGN tingkat Provinsi Sulawesi Barat adalah sebagai berikut :
1. Pengaturan Upacara, Drs. Makhmudi, Kepala UPTD SMKN 1 Mamuju;
2. Pemimpin Upacara. Rusman, S.Pd. M.Pd. Kepala UPTD SMAN 3 Mamuju:
3. Pembaca Doa,  Puad, S.Pd.I. Guru SMKN 1 Mamuju;
4. Pengibar Bendera, Guru-Guru dari UPTD SMKN 1 Rangas;
5. MC :  Dra. Hj. Normiati  Guru dari UPTD SMAN 1 Mamuju;
6. Pembaca UUD 1945, St. Nurlaila, S.Pd.  Guru dari UPTD SMAN 2 Mamuju;
7. Paduan Suara terdiri dari : Guru dan Staf TU. UPTD SMAN 1, dan UPTD SMAN 2 Mamuju, UPTD SMKN 1 Mamuju dan UPTD SMKN 1 Rangas
8. Dirijen :  Erika Theresya Sirait, SE. dari UPTD SMKN 1 Mamuju;
9. Player Musik : Awaluddin, S. Pd. Guru Seni Budaya UPTD SMKN 1 Mamuju.

(Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama