Diskominfo Banyumas Lakukan Kunjungan ke Diskominfo Cilacap

Cilacap, wartamerdeka.info, – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap menerima kunjungan kerja Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyumas, Rabu (20/12/2023). 

Rombongan Dinas Kominfo Banyumas berjumlah 13 orang dipimpin Sub Koordinator Statistik/Statistik Ahli Muda, Sarlan dan disambut Sekretaris Dinas Kominfo Cilacap, Sukaryanto beserta pejabat struktural di ruang Rapat Dinas Kominfo Cilacap.

Kunjungan kerja dalam rangka studi banding terkait Tata Kelola Satu Data Indonesia, Tata Kelola Keamanan Informasi, serta Tata Kelola Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) antara Dinas Kominfo Banyumas dan Dinas Kominfo Cilacap.

Dalam sharing session, Sub Koordinator Pengelolaan Informasi dan Statistik Dinas Kominfo Cilacap, Ade Agung Wibowo menjelaskan terkait Satu Data. 

Pada tahun 2022, Dinas Kominfo Cilacap telah menyusun Peraturan Bupati mengenai penyelenggaraan Satu Data Indonesia tingkat Cilacap. Pada Peraturan Bupati terbaru ditambahkan beberapa poin diantaranya wali data pendukung, pengaturan monitoring dan evaluasi (monev), operator serta petunjuk teknis.

"Di tahun 2024, Satu Data juga masuk dalam salah satu dari 10 program Pj. Bupati Cilacap", jelasnya.

Mengenai Tata Kelola Keamanan Informasi disampaikan oleh Sub Koordinator Media Informasi dan Persandian, Arin Nastuti serta mengenai Tata Kelola Infrastruktur TIK disampaikan oleh Sub Koordinator Pengembangan Infrastruktur, Rahman.

"Ada beberapa langkah yang kami lakukan untuk membangun infrastruktur IT diantaranya proses pembangunan jaringan fiber yang dilakukan secara bertahap, kemudian menyewa jaringan internet kepada pihak ketiga dan kedepannya kami ingin menambah jaringan wifi di ruang-ruang publik agar masyarakat bisa menikmati layanan internet gratis tersebut," ungkapnya.

Menutup kunjungan kerja, Sarlan menyampaikan harapannya agar forum pertemuan antar Dinas Kominfo di lingkup Banyumas dan sekitarnya dapat rutin berjalan.

"Kedepannya semoga forum seperti ini dapat terus berjalan, selain untuk silaturahmi juga kunjungan kerja untuk saling berbagi informasi diantara Dinas Kominfo se-Barlingmascakeb", pungkasnya. (gus/kominfo)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama