Hari Ini Peserta Lomba NTJP A. Mattalatta Dilepas Bupati Barru

 



Barru, wartamerdeka.info, - Sedikitnya 75 Tim dari berbagai elemen meramaikan Napak Tilas Jejak Perjuangan (NTJP) Andi Mattalatta Garongkong-Paccekke. 

Kegiatan NTJP 2024 akan dilepas Bupati Barru Bupati Barru Ir. H. Suardy Saleh, M.Si di Monumen Pendaratan ekspedisi militer Andi Mattalatta di Garongkong Kelurahan Mangempang Kecamatan Barru Kabupaten Barru Sulsel, Sabtu (2/3/2024).

Kepala Dinas Sosial Barru Andi Syarifuddin S.IP. M.Si usai rapat pemantapan panitia mengatakan, NTPJ ini digelar untuk mengenang kembali  nilai kejuangan Andi Mattalatta selaku pemegang mandat dari Jenderal Besar Soedirman untuk membentuk Tentara Rakyat Indonesia di Sulalawesi melalui konferensi Paccekke. 

Dikatakan, salah satu kebanggaan kabupaten Barru adalah nilai kesejarahan Paccekke dimana Paccekke sudah dikenal secara luas. NTJP katanya sudah beberapa kali dilaksanakan dan selalu meriah, bahkan diikuti peserta dari luar daerah, ada dari Papua, Sulawesi Tengah, dan Jawa. NTJP terakhir dilaksanakan pada tahun 2008.

"Inilah yang mau disemangatkan kembali dan akan menjadi kalender tahunan dan even besar kebanggaan kab Barru", jelasnya. 

Selain  berjalan kaki menyusuri jejak pahlawan kita, melalui narasi yang ada peserta diharapkan mengetahui nilai sejarah, khususnya perjalanan Andi  Mattalatta  ditengah ancaman musuh dari Garongkong melintasi gunung dan lembah hingga pelaksanaan konfrensi Paccekke.

Dirinya mengapresiasi semangat dan respon peserta yang berasal dari berbagai elemen diantaranya peserta dari OPD Iingkup Pemda Barru,TNI, Organisasi Masyarakat, Organisasi Pemuda dan Komunitas. Baik dari kab Barru maupun dari luar Barru.

NTJP Garongkong-Paccekke akan melewatu 6 Pos dengan jarak tempuh lebih kurang 28 KM.  (syam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama