Obor dan Beduk Mengingatkan Suardi Saleh Dimasa Kecilnya

 Kampoeng Ramadhan Tuwung 2024 telah dibuka secara resmi oleh Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh M.Si., dihalaman Masjid Taqwa lingkungan Tuwung Kelurahan  Tuwung Kecamatan Barru Kabupaten Barru, seusai Shalat Taraweh,  Jumat (15/3/2024).

Diselah sambutannya, Bupati mengaku terkesan dengan pawai obor yang ikut mewarnai pembukaan kegiatan Kampoeng Ramadhan yang akan berlangsung hingga 8 April 2024 tersebut.
Suardi bercerita setidaknya ada dua hal  malam ini yang mengingatkan dirinya semasa kecil dulu. Yaitu Obor dan Beduk.  

"Tadi diawal acara saya disambut pawai obor oleh remaja-remaja dan rasanya cukup berkesan setelah sekian lama baru pegang obor lagi", katanya. 

Selain itu Bupati berkisah soal beduk sebelum menabuhnya sebagai tanda dimulainya seluruh rangkaian kegiatan Kampoeng Ramadhan tersebut. 

"Dulu waktu kecil dikampung sehabis buka puasa dan menjelang waktu shalat taraweh, bersama teman-teman seusia kadang berebut untuk menabuh beduk di Masjid. Tidak jarang juga pegawai syara (Pak Doja)  menyembunyikan kayu penabuh beduk itu. Tapi kami tidak kehilangan akal dan bikin sendiri kayu penabuh beduk", kenang Suardi Saleh. 

Dia mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Kampoeng Ramadhan yang diinisiasi Remaja Mesjid dan berharap kegiatan ini menjadi penguat tali silaturrahmi sesama warga sehingga bulan suci ramadhan dapat dimaksimalkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan fositif.

Diketahui,  kampoeng Ramadhan akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti pasar kuliner yang menyediakan aneka kue tradisional khas bugis sebagai penganan saat buka puasa dan  dimalam hari sesudah shalat taraweh dilaksanakan  Lomba Qasidah rebana, Lomba Hafalan Surah Pendek, Tilawatil Quran, Pildacil, Lomba Mobile Legend. (syam m, jafar)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama