Sekdaprov. Sulbar, Dr. Muhammad Idris DP, Resmi Buka Rembuk Pendidikan dan Kebudayaan

 

Sekda Prov. Sulbar. Dr. Muhammad Idris DP, M.Si.


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Barat gelar Forum OPD dalam bentuk kegiatan Rembuk Pendidikan dan Kebudayaan.

Mengusung tema "Akselerasi Kualitas Pendidikan Melalui Budaya Kaeakter Bangsa" diselenggarakan pada 4-6 Maret 2024 di Hotel Aflah Mamuju.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk membangun Frekuensi yang Sama dan Cipta Kondisi dalam rangka Penguatan Sinergitas Provinsi dengan Kabupaten serta stakeholder lainnya untuk menyukseskan program-program dan kegiatan prioritas tahun 2024-2026.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Dr. H. Mithhar, pada kesempatan ini, menyampaikan permohonan maaf kepada para peserta bahwa sebenarnya Rembuk Pendidikan dan Kebudayaan ini sedianya dibuka Pj. Gubernur, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrullah, namun sesuatu dan lain hal, usai Virtual Zoom Meeting apel senin pagi menghadiri undangan rapat membahas Penanganan Inflasi bersama Gubernur se-Indonesia. 

Sehingga kegiatan ini dibuka Sekda Prov. Sulbar, Dr. Muhammad Idris DP, sekaligus memaparkan materi dengan topik “Arah Kebijakan dan Prioritas  Pembangunan Prov. Sulbar 2024”.
Dr. H. Mithhar tampil pertama memaparkan materi dengan topik : “Akselerasi Kualitas Pendidikan, Strategi dan Arah Kebijakan Peningkatan Kualitas Pendidikan di Prov. Sulbar".

Disampaikan bahwa Program Strategi Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Barat 4+1, satu diantaranya Penanganan Anak Tidak Sekolah (ATS) menjadi tugas Dinas Pendidikan dalam hal ini, kita semua yang harus membersamai dalam penanganannya melalui Rekonfirmasi Data.

Diketahui ada sebanyak 48.105 ATS di Provinsi Sulawesi Barat. Dengan jumlah yang tidak sedikit ini perlu dipastikan bahwa data itu memang ada dan perlu kita lakukan pendataan ulang melalui Rekonfirmasi.

Karena itu, diharapkan para Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan teman-teman guru se-Provinsi Sulbar untuk segera tuntaskan pendataan ini sesegera mungkin agar semua anak terpenuhi haknya untuk bisa bersekolah kembali dan mendapatkan pendidikan yang layak sama dengan anak-anak lainnya yang dijamin UUD Tahun 1945.

Sementara itu, Ketua Panitia dalam hal ini Kasubag Program Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Provinsi Sulawesi Barat, Hj. Nurhalia B, SE.,M.Ec.Dev. melaporkan kegiatan ini digelar dengan tujuan, pertama, Penyatuan visi dan gagasan sebagai bahan masukan untuk perencanaan program tahun 2024 ini. 

Kedua, Mendorong keterlibatan Pejabat dan Staf dalam semua kegiatan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Tingkat Prov. Sulbar.
Ketiga, Evaluasi Program dan Kinerja yang dilakukan tahun sebelumnya yaitu tahun 2023 lalu.

Ditambahkan juga bahwa kegiatan ini melibatkan semua unsur, yaitu dengan menghadirkan Narasumber, Materi I, “Arah Kebijakan dan Peroritas  Pembangunan Prov. Sulbar 2024” oleh Sekprov. Sulbar, Dr. Muhammad Idris DP, M.Si. 

Materi II, “Akselerasi Kualitas Pendidikan, Strategi dan Arah Kebijakan Peningkatan Kualitas Pendidikan di Prov. Sulbar" oleh Dr. H. Mithhar, S.Pd. M.Pd. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Prov. Sulbar. 

Materi III, "Peningkatan Nilai Literasi dan Numerasi melalui Perbaikan Kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan" oleh Erfan Agus Munif, S.Pd., M.Pd. Kepala Balai Guru penggerak Provinsi Sulawesi Barat.

Materi IV, “Arah Kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Sinkronisasi Program Pusat dan Daerah” oleh Dr. Haksan Darwangsa, M.Si. Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Barat. 

Materi V, "Strategi Kebijakan Peningkatan Indeks Pembangunan Kebudayaan di Prov.Sulbar" oleh Andi Harun Rasyid P. Andi Depu, S.Sos. 

Peserta Desk Pendidikan yang diundang sebanyak 104 orang antara lain, BAPPEDA Prov. Sulbar, Dinas P3A2KB, Ketua TP PKK Prov. Sulbar, Kanwil Kemenag Prov. Sulbar, Dewan Pendidikan Prov. Sulbar, BPMP, BGP, BAN-SM, BAN-PAUD, Kadis Pendidikan dari 6 Kabupaten se-Sulbar, Kepala BPMD Kabupaten, Kepala BAPPEDA Kabupaten, Kasubag Program Dinas Pendidikan dari 6 Kabupaten, Ketua MKKS SMA/SMK/SLB Kabupaten, Korwas, Perwakilan Kepala SMA/SMK/SLB Kabupaten, 3 orang dari masing-masing Bidang PSMA, Bidang PSMK,  Bidang PK & TP PAUD dan DIKDAS, Bidang PTK, UPTD BPTIK, 10 orang dari Sekretariat, 3 orang Manajemen BOS, 2 orang dari masing-masing Cabang Dinas Wilayah I, Cabang Dinas Wilayah II, dan Cabang Dinas Wilayah  III.

Sementara Peserta Desk Kebudayaan yang diundang sebanyak 46 orang terdiri dari : BAPPEDA Prov. Sulbar, Kadis Pariwisata, Kadis Kebudayaan dari 6 Kabupaten, Kabid. Kebudayaan Kabupaten, 2 orang dari Pemerhati Budaya masing-masing Kabupaten, 4 orang dari Bidang Kebudayaan Prov. Sulbar, 3 orang dari UPTD Taman Budaya, Dewan Kebudayaan, Tim DAPOBUD dari 6 Kabupaten, dan Penggiat Budaya sebanyak 6 orang. Sehingga Jumlah Total Peserta sebanyak 150 orang.
(Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama