Dr. Bahtiar Baharuddin, Dilantik Menjadi Pj. Gubernur Sulbar

 

      Ini Harapan Tokoh Pendidikan/Tokoh Adat            Sulawesi Barat, Sjahrir Tamsi

Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si., lahir di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, pada 16 Januari 1973. Masa kecilnya banyak dihabiskan di tanah kelahirannya. Dia meninggalkan Bone setelah lulus SMA. 

Bahtiar sempat menjalani kuliah di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) pada tahun 1991-1992, sebelum memilih pindah ke Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN). Dia menyelesaikan pendidikannya di STPDN pada 1995. 

                   Dr. Bachtiar Baharudin, M.Si
Bahtiar adalah birokrat Indonesia asal Bone, Sulawesi Selatan. Dia juga seorang pejabat madya atau pejabat eselon I di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, dan pada tanggal 5 September 2023 diangkat menjadi Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan.

Bahtiar merupakan lulusan SMA Negeri 2 Watampone, selama menjabat Kepala Sub Direktorat Ormas Ditjen Polpum Kemendagri dikenal sangat dekat dengan kalangan jurnalis. Bahkan kedekataan Bahtiar dengan jurnalis masih sangat terasa sampai saat ini.

Pendidikan :
- S1 Universitas Hasanuddin (1992); Tidak Selesai
- D3 Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri/IPDN (1995);
- S1 Institut Ilmu Pemerintahan/IPDN (2000);
- S2 Universitas Padjadjaran (2008);
- S3 Universitas Padjadjaran (2013).

Jabatan :
- Kasubdit Ormas, Ditjen Kesbangpol (2010);
- Kabag Perundang-Undangan, Setditjen Polpum (2015);
- Plt. Direktur Politik Dalam Negeri, Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (2016);
- Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (2016);
- Kepala Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri (2018);
- Plt. Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (2019);
- Pj. Gubernur Kepulauan Riau (2020);
- Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (2020);
- Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (2023-2024).

Organisasi :
- Ketua Umum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MI PI) Periode (2021-2026);
- Departemen Pembinaan Jiwa Korps dan Wawasan Kebangsaan DPN Korpri Nasional Masa Bakti (2022-2027).
Penghargaan :
Gelar Dato Wira Djaya dari Tri Buana Huzrin Hood Sultan Negeri Bentan Darul Masyhur (2020).

Hari ini Jumat 17/5/2024) Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si., dilantik menjadi Pj. Gubernur Sulawesi Barat oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian di Jakarta.

Menurut Sjahrir Tamsi, salah seorang Tokoh Pendidikan/Tokoh Adat Sulawesi Barat, Dr. Bahtiar Baharuddin, M.Si., sangat pantas memimpin Sulbar ke depan. 

Berdasarkan kapabilitas yang dimiliki, maka memang pantas Bahtiar Baharuddin, memimpin Sulbar ke depan selama satu tahun hingga terpilihnya Gubernur Sulbar Defenitif hasil PILKADA 2024 ini.

Bahtiar Baharuddin ini punya segudang pengalaman di daerah hingga pusat. Ucap Sjahrir Tamsi yang juga Kepala UPTD SMK Negeri 1 Tapalang Barat kepada wartamerdeka.info, Kamis (17/5/2024).

Ditambah lagi, Bahtiar Baharuddin sudah punya pengalaman menjadi Pj. Gubernur Kepulauan Riau 2020 dan Pj. Gubernur Sulawesi Selatan 2023 hingga 2024.

"Kami selaku Pendidik berharap banyak kepada Bapak Bahtiar Baharuddin untuk dapat melanjutkan pembangunan di Prov Sulbar," ujar Sjahrir yang juga dikenal sebagai Tokoh Adat dari Kerajaan Binuang Mandar Sulawesi Barat.

Dia berharap Bahtiar Baharuddin juga memiliki Program Strategis baru untuk Provinsi Sulbar agar unggul, maju terus dan mensejahterakan masyarakat khususnya Warga Sekolah pada semua tingkatan Satuan Pendidikan SD, SMP, SMK, SMA dan SLB dan Warga Masyarakat Adat agar tetap bisa eksis melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal Adat Kerajaan se-Provinsi Sulawesi Barat. Ungkap Sjahrir Tamsi, diketahui selaku salah satu dari 20 orang Tokoh Nasional yang menerima penghargaan sebagai Tokoh Pendidik Yang Penuh Inovasi Dalam Upaya Memajukan Dunia Pendidikan Kejuruan, di Hotel Orchardz Jayakarta, Kota Jakarta 2023 lalu.
(Sjahrir Tamsi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama