Pagelaran Wayang Kulit, Bersih Desa Tawangsari Malang

 
    Suasana Pagelaran Wayang Kulit di Desa            Tawangsari Malang

Malang, wartamerdeka.info, - Memilih lakon "Wahyu Ketentraman" bersama Ki Dalang Purbo Nasikin, pagelaran wayang kulit semalam suntuk di desa Tawangsari kecamatan Pujon kabupaten Malang, berlangsung Jumat malam (7-8/Juni/2024).

Pagelaran wayang kulit tersebut dalam rangka Bersih Desa. Suatu tradisi yang berlangsung sejak lama di desa Tawangsari. Tradisi Bersih Desa adalah sebuah ritual yang dilakukan sedikitnya sekali dalam setahun. Ritual sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan berkah hasil panen, kesehatan, kesejahteraan sampai pada kelancaran dan keselamatan warga masyarakat setempat.

Kepala Desa Tawangsari Miftahul Anwar mengungkapkan bahwa acara ini merupakan suatu kegiatan yang perlu dilestarikan sebagai peninggalan leluhur sekaligus merupakan wujud ungkapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas limpahan rejeki maupun kesejahteraan untuk  masyarakat seluruhnya khususnya  masyarakat desa Tawangsari.

"Pagelaran wayang kulit ini adalah tradisi yang sudah berlangsung lama dan dilaksanakan secara turun temurun, tidak lain sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan rizqi, kesejahteraan dan keselamatan  warga masyarakat," Ungkap Kades Miftahul Anwar. 

Kades juga berharap kegiatan bersih desa ini, bisa mencakup ke berbagai aspek baik itu bersih secara adat, warga desa Tawangsari senantiasa dberi kemuliaan, ketentraman serta di jauhkan dari segala bentuk musibah. (Hari)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama