Polres Jakbar Bersama Tiga Pilar Gelar Aksi Solidaritas Papua


JAKARTA (wartamerdeka.info) - Menyikapi kondisi negara Indonesia yang sedang menghadapi persoalan besar terutama disintegrasi bangsa di Papua, Polres Metro Jakarta Barat bersama tiga pilar mengajak tokoh masyarakat Papua yang ada di Jakarta Barat serta masyarakat Papua Jakarta Barat melaksanakan Budaya Papua dengan tema 'Papua adalah Kita Bersatu Merajut Indonesia',   di pelataran lapangan Museum Fatahilah, Taman Sari Jakarta Barat, Jumat (06/09/19)

Acara yang dihadiri ratusan ribu masyarakat, turut dihadiri oleh Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi SIK MH, Walikota Jakarta Barat H Rustam Efendi S Sos, Dandim 0503 Jakarta Barat Letkol Valian Wicaksono S Sos, Staf Khusus Kepresidenan asal Papua, Kepala Suku Papua, Kajari Jakarta Barat, PJU Polres Metro Jakarta Barat bersama Kapolsek jajaran, warga Papua yang ada di Jakarta Barat, Mantan Gubernur Papua Mama irene Maliboi, Puteri Indonesia asal Papua, serta perwakilan budaya seluruh Indonesia.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Hengki Haryadi SIK MH mengatakan, Indonesia sudah darurat sara, apalagi dengan dua peristiwa yang terjadi di Papua dan penistaan agama.

"Acara ini untuk merekatkan kembali persatuan bangsa kita khususnya di Jakarta Barat. Mudah-mudahan dari sini, Indonesia akan semakin bersatu," kata dia.


Dia berharap acara ini bisa menjadi perenungan bagi masyarakat khususnya Jakarta Barat untuk terus menjaga persatuan dan tak gampang percaya dengan berita hoax.

Sementara, artis penyanyi kawakan berasal dari `Bumi Cendrawasih` Papua, Edo Kondologit, mendeklarasikan dirinya sebagai putra asli Papua yang merupakan bagian dari bangsa dan negara Indonesia.

"Saya Papua, saya bagian dari bangsa Indonesia. Kita Papua," ujar dia saat mengisi acara "Papua adalah Kita" di Taman Museum Fatahillah Kota Tua Jakarta Barat, Jumat (6/9) malam.

Ia menyatakan turut prihatin dengan kerusuhan yang terjadi di Papua. Ia menyebut luka Papua juga merupakan luka bagi Indonesia.

Edo kemudian meminta semua pengunjung Kota Tua, tak terkecuali jajaran Pemerintah Kota, Polri, dan TNI yang berdinas di wilayah Jakarta Barat, menjadi bagian dari Papua.


"Saya minta kita semua jadi orang Papua. Artinya kita kulit hitam, kulit putih, rambut keriting, rambut lurus, mata sipit, mata menyala, kita semua Indonesia, betul to?" kata dia.

Setelahnya, Edo membawakan tembang perekat kebangsaan, "Aku Papua", dan mengajak seluruh lapisan masyarakat di lokasi itu untuk bernyanyi bersama.

 "Terima kasih betul-betul, kita semua bersaudara, kita semua satu kesatuan Bhineka Tunggal Ika, kita dari suku, agama, dan kebudayaan yang berbeda, kita semua Indonesia," ujarnya.

Tak luput Kapolres pun sekaligus membacakan Puisi yang berjudul Papua adalah Kita. Adapun isi puisi yakni

Saudaraku,
Ketika orang berkata, banyak negeri yang indah di dunia. Tapi bagi kami tidak, negeri terindah itu namanya Indonesia.


Ketika orang berkata, banyak tempat yang indah di dunia.Tapi bagi kami tidak, tempat terindah itu Papua.

Burung Pinguin memang indah, tapi tak seindah burung Cendrawasih.

Air terjun Niagra Indah, tapi tak seindah raja Ampat.

Tarian Samba katanya juga indah, tapi tak seindah tarian sajojo.

Burung Kasuari, Raja Ampat, tarian sajojo dan ribuan keindahan yang lain ada di tanah Papua.

Kegiatan acara ditutup oleh tarian dan lagu Papua, budaya Papua bersama Bapak Kapolres, Walikota, dan Dandim  jakarta Barat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama