Di Pinrang, Ketua TP PKK Sulsel Ny Lies F Nurdin Minta Para Kepsek Hadirkan Sekolah Yang Berbudaya Dan Ramah Lingkungan

Ketua TP PKK Sulsel Ny Lies F Nurdin terus menggalakkan kegiatan menanam pohon di setiap kunjungannya.

MAKASSAR (wartamerdeka.info) - Ketua TP PKK Sulsel Ny Lies F Nurdin, Rabu (22/1/2020), melakukan kunjungan kerja ke SMK Negeri 2 Pinrang.

Di hari kedua kunjungan Ketua TP PKK Sulsel beserta rombongan yang didampingi Kadis PMD, Kadis DPLH, Karo ADM pimpinan, karo kesra, kepala RS haji, kepala RS Dadi, dan pejabat lainnya, Ny Lies melakukan penyuluhan ramah lingkungan, kesehatan, kanker dan menyerahkan berbagai bantuan sebagai stimulan pemberdayaan masyarakat dalam mendukung percepatan pembangunan di Kab Pinrang.

Kunjungan kerja ini disambut oleh Ketua Tim Penggerak PPK Kab Pinrang beserta jajaran, kepala sekolah (kepsek), guru dan perwakilan siswa dari seluruh SMA/SMK se Kabupaten Pinrang, dengan antusias dan semarak.

Pada kesempatan itu ibu Ketua Penggerak PKK Prov Sulsel dalam sambutannya  meminta kepada  para kepsek, para guru dan seluruh siswa untuk benar-benar menghadirkan sekolah yang berbudaya dan ramah lingkungan.

Ada beberapa poin penting yang ditekankan meliputi MCK sekolah harus bersih, tertib kelola sampah, hindari pengguanaan plastik, kantin yang bersih dan makanan yang sehat.

Juga soal taman sekolah yang hijau, perlunya membuat  biopori untuk peresapan air,  serta ruang kelas dengan sirkulasi udara yang segar. Selain itu juga soal pengelolaan UKS yang baik.

Sehingga diharapkan sekolah bisa  menjadi pusat lingkungan hidup yang bersih sehat,  ramah lingkungan dan hal ini bisa menular ke pemukiman masyarakat.

"Kalian adalah generasi pelanjut bangsa yang berkualitas  yang harus dipersiapkan dengan baik dan itu kita mulai dari sekolah," katanya.

Sejumlah perwakilan sekolah diberi kesempatan dialog dengan ibu ketua PKK Prov Sulsel. Tatkala Ny Lies bertanya apakah kalian bawa thumbler, apakah kalian punya dispenser di kelas, langsung dijawab anak iya sambil mengangkat thumbler masing-masing. Lalu Ny Lies merespon dengan jempol dan mengatakan keren. Lalu kembali menekankan jangan sama sekali mendekati narkoba karena kalian akan menjadi sampah masyarakat.

"Hindari narkoba,'' tandasnya.

Lalu dilanjutkan penyampaian materi tentang narkoba, adiwiyata dan pola hidup sehat- oleh para narsum yang ikut serta dalam rombongan kunker kali ini.

Ny Lies selanjutnya berkeliling sekolah melakukan pengechekan kebersihan sekolah,  memberikan sejumlah  bantuan alat kebersihan, dispenser, thumbler,  bibit pohon rambutan, mangga dan kelor sebanyak  50 pohon per sekolah masing masing di SMK Negeri 2 dan SMA Negeri 11 Kab Pinrang. Lalu melakukan penanaman bibit pohon secara simbolis di SMK Negeri 2 dan SMA Negeri 11 Kab Pinrang.

Rkmbongan PKK Prov Sulsel selanjutnya bergerak  mengunjugi salah satu puskesmas. Ia berpesan agar layanan puskesmas terus ditingkatkan dengan baik, serta  jaga kebersihan dan kekompakan seluruh unsur yang ada di puskesmas.

Kadis Pengelolaan Lingkungan Hidup Andi Hasdullah yang ikut mendampingi memberikan apresiasi atas  kepedulian Ny Lies ini.

"Saya kira kunjungan ini memberi dorongan dan menggugah kepekaan kita terhadap kepedulian sosial ekonomi dan lingkungan di Sulsel," ujarnya.

Hasdullah juga memberi apresiasi terhadap pegelolaan Program Sekolah Adiwiyata di SMA Negeri 11 Kab Pinrang yanv tertata dengan baik.

"Ini dapat menjadi contoh bagi yang lain.  SMA Negeri 11 ini sudah tembus Adiwiyata nasional dan peraih juara 2 terbaik sekolah sehat tingkat provinsi Sulsel," ungkapnya.

"Harapa kita, jumlah sekolah Adiwiyata 2020 terus bertambah dan secara nyata berkontribusi langsung untuk percepatan pembangunan yang berkelanjutan di Sulawesi Selatan," tutupmya. (A)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama