Sambut HUT Ke-7 Kab. Pali, Digelar Lomba Seni Senjang


PALI (wartamerdeka.info) - Lomba kesenian Senjang kembali digelar di beberapa kecamatan di Kabupaten Pali. Ajang tersebut  digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Pali yang ke-7 April mendatang.

Namun, sebelum diperlombakan di tingkat kabupaten, Seni Senjang diperlombakan di masing-masing tingkat kecamatan.

Adapun jadwalnya, yakni Tanah Abang, 11-12 Maret,  Kecamatan Abab tanggal 15-16 Maret,  Penukal 19-20 Maret, Penukal Utara 23-24 Maret, dan Talang Ubi 27-28 Maret.

"Nanti, di masing-masing kecamatan akan diambil 4 (empat) terbaik dan akan diperlombakan ditingkat kabupaten," ujar salah satu Panitia Pelaksana, Fauzi, pada wartawan, Senin (16/03/2020).

Peserta lomba akan dinilai oleh dewan juri yang berkompeten dan telah malah melintang di dunia Seni Senjang. Panitia akan menyiapkan Piala, Piagam dan uang jutaan rupiah bagi peserta yang berhasil meraih juara.

"Adapun tujuan diadakannya lomba ini, selain wahana hiburan bagi masyarakat Pali, juga mengingatkan kita akan budaya tempo dulu yang seakan mulai punah," paparnya.

Pantauan media ini di perlombaan hari kedua Senjang untuk wilayah Kecamatan Abab, nampak para peserta begitu antusiasme unjuk gigi dalam kepiawaiannya bersenjang. Ada puluhan peserta yang ikut berpartisipasi. Bahkan, para peserta terlihat memakai busana khas layaknya seorang pelaku Seni bersenjang.

Lomba tersebut, terpantau juga telah menyedot antusiasme warga Abab yang ikut serta menyaksikan perlombaan.(Agus v)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama