Bahas Penanganan Virus Corona, Bupati Nelson Meeting Dengan Sejumlah Menteri Via Video Conference


LIMBOTO (wartamerdeka.info) - Bahas Percepatan penanganan Virus Corona atau Covid -19, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, rapat bersama sejumlah Menteri serta Gubernur, Bupati/Walikota se Gorontalo, via video conference, Kamis (09/4/2020).

Menteri yang melakukan meeting, antara lain, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Menkopolhukam, Menteri Perekonomian, Menteri Energi Sumber Daya Alam, Menteri Sosial, Menteri Keuangan, dan Menteri Desa. 

Dalam kesempatan ini, Bupati Gorontalo didampingi Sekretaris Daerah Hadijah U. Tayeb dan sejumlah pimpinan OPD terkait selaku gugus tugas penanganan Covid-19.

"Tadi kita melakukan pertemuan dengan mendagri, menkopolhukam, menteri perekonomian, menteri energi sumber daya alam, menteri sosial, menteri keuangan, menteri desa, gubernur bupati dan walikota melalui videi conference, ". ucap Nelson Pomalingo, di temui usai video conference.

Selanjutnya, Nelson menyampaikan, ada beberapa hal yang di tekankan tadi, yang pertama berkaitan dengan pencegahan, perlindungan dan jaminan sosial.

"Ini diharapkan melalui para menteri, pertama adalah kita mengikuti edaran yang telah ada. Peraturan yang diberikan oleh pemerintah pusat, " ujarnya

Selain itu, kata Nelson seperti apa yang disampaikan oleh Menteri Keuangan, bisa saja dana ke daerah akan berkurang, dan juga postur anggaran harus diubah.

"Karena ini berkaitan dengan anggaran maka APBD, diminta dibedah bahkan diresrukturisasi karena kemungkinan dana transfer ke daerah ini akan berkurang, karena pajak ekspor tidak ada, termasuk pajak daerah PAD kita turun, maka berarti postur anggaran harus diubah. Ini pernyataan ibu menteri. Dengan demikian kita melakukan bedah APBD lagi,'' tukas Nelson.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo ini menjelaskan, terkait dengan anggaran lebih diperuntukkan pada pencegahan maka Alat Pelindung Diri (APD) termasuk satuan tugas ini betul-betul menjadi harapan dari anggaran ini, kemudian jaminan sosial ada yang dari pusat, APBD, dan ada juga dari Dana Desa

"Jadi sudah sama apa yang kita lakukan sekarang, tetapi kami melihat susunan dari Desa ini ada edaran baru yang kita sesuaikan, sehingga kami di tingkat kabupaten Gorontalo melakukan peyusunan lagi," jelas Nelson.

Terakhir, Nelson menuturkan bukan hanya postur APBD yang akan dibedah namun juga pekerjaan padat karya dan penanganan solusinya.

"Yang terakhir tentang pekerjaan padat karya ini juga harus dibedah dengan baik. Sehingga dampak terhadap tenaga kerja disesuaikan lagi untuk mencari jalan keluar. Ini yang kita bicarakan di telconference dengan beberapa menteri, "vtuturnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama